Indonesia Hadir dalam Feira Internacional de Maputo (FACIM) ke-52

Maputo, Mozambique -  KBRI Maputo berpartisipasi dalam Feira Internacional de Maputo (FACIM) ke-52 yang berlangsung pada tanggal 29 Agustus - 4 September 2016. FACIM merupakan event ekshibisi terbesar di Mozambique yang memamerkan beragam produk barang dan jasa, yang tahun ini diikuti 2.950 perusahaan lokal maupun asing.

 photo 1 - Presiden Nyusi mengagumi kain tenun ikat Ende.jpg

Presiden Nyusi mengagumi kain tenun ikat Ende


FACIM 2016 dibuka resmi oleh Presiden Filipe Jacinto Nyusi yang menyempatkan diri singgah di booth Indonesia, di mana Duta Besar Tito dos Santos Baptista memberikan cindera mata berupa Kain Tenun Ikat Ende dari Nusa Tenggara Timur. Dalam kesempatan tersebut Presiden Filipe Nyusi menyampaikan kekaguman atas produk-produk handmade buatan Indonesia.

 photo 3 50 persen - pengunjung  booth Indonesia.jpg

Pengunjung  booth Indonesia


Dalam FACIM 2016 KBRI Maputo berpartisipasi dengan memperkenalkan produk-produk dari  7 perusahaan Indonesia yaitu PT. Kapal Api (kopi kemasan), PT. Kimia Farma (obat-obatan), PT. KMI Wire and Cable (kabel untuk listrik dan komunikasi), PT. Sari Incofood Corporation (kopi kemasan), PT. Sungai Budi (minyak goreng), PT. Tjiwi Kimia (produk kertas), serta PT. Trimitra Baterai Perkasa (baterai mobil).  Selain memberikan informasi dan membagikan brosur/contact info produk yang dipamerkan, KBRI Maputo juga mempersilahkan pengunjung untuk mencoba kopi dari Kapal Api dan Sari Incofood Corporation.

 photo 2 50persen - Pengunjung mendapat informasi mengenai TEI 2016.jpg

 Pengunjung mendapat informasi mengenai TEI 2016


Keikutsertaan KBRI Maputo dalam FACIM tahun ini merupakan yang ke-3 kalinya dan telah menjadi agenda tahunan sebagai bentuk upaya untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia kepada masyarakat luas Mozambique, khususnya pengusaha. Kegiatan ini juga sekaligus digunakan untuk menjaring kalangan pengusaha Mozambique yang tertarik untuk mengikuti Trade Expo Indonesia 2016.

Diharapkan perusahaan Indonesia yang telah berpartisipasi dapat menindaklanjuti business inquiries dari pengusaha Mozambique. Di samping itu KBRI Maputo juga mengundang keikutsertaan perusahaan Indonesia lainnya dalam FACIM berikutnya.