KBRI Manila Selenggarakan Malam Penghargaan Untuk Komunitas Bisnis di Filipina

Menjelang berakhirnya tahun 2015, KBRI Manila menyelenggarakan acara “Year-end Appreciation Night with Business Community” pada tanggal 16 Desember 2015 di Ruang Nusantara, KBRI Manila. Acara ini digagas dengan tujuan mempererat hubungan kerja sama KBRI Manila dengan komunitas bisnis di Filipina, khususnya yang memiliki kaitan aktivitas bisnis dengan Indonesia.
 
Acara ini dihadiri antara lain oleh Wakil Presiden ADB, Bambang Susantono, Perwakilan dari Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, para importir dan distributor utama produk Indonesia di Filipina, Perwakilan cabang perusahaan Indonesia di Filipina dan para pengusaha Indonesia di Filipina.
 
Dubes RI untuk Filipina, Johny J. Lumintang dalam sambutannya antara lain menyampaikan peningkatan neraca perdagangan RI-Filipina yang terus ditandai dengan surplus besar bagi Indonesia. Oleh karena itu, Dubes RI menyampaikan penghargaannya atas kerja keras dan kerjasama dari kalangan bisnis yang terus aktif mendukung peningkatan kerjasama ekonomi kedua negara. Dubes RI juga mendorong agar Philippines – Indonesia Business Council dapat dibangkitkan kembali serta agar digali lebih lanjut potensi-potensi kerjasama yang dapat lebih dikembangkan.
 
Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan juga penyerahan penghargaan kepada perwakilan dua perusahaan Filipina yang terpilih meraih Primaduta Award 2015, 888 Ethnic Home untuk kategori UKM dan Kao Pilipinas Inc untuk kategori manufaktur.  Jeanet Yao, selaku pemilik 888 Ethnic Home  dan Joseph Austin Ledesma yang mewakili Kao Pilipinas Inc  menyatakan terima kasih, kebanggaan dan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada perusahaan mereka. Prestasi yang diraih ini akan mendorong mereka untuk semakin meningkatkan impor dari Indonesia.
 
Penyerahan penghargaan Primaduta Award untuk pemenang Filipina ini dilaksanakan sebagai bagian dari acara “Year-end Appreciation Night with Business Community”  guna mendorong dan menginspirasi para pengusaha, importir dan distributor Filipina lainnya untuk lebih meningkatkan aktivitas bisnis mereka dengan Indonesia.
 
Dalam acara malam penghargaan tersebut, para pebisnis tersebut juga dihibur dengan alunan musik Kulintang yang dimainkan oleh grup Unduman dari Sulawesi Utara serta dua tarian, masing-masing Tari Pendet dari Bali dan Tari Bajidor Kahot dari Jawa Barat. Sebelumnya ditampilkan juga sejumlah video promosi pariwisata serta  musik tradisional Indonesia.
 
Sejumlah tamu menyatakan penghargaannya atas inisiatif KBRI menyelenggarakan acara ini dan mengharapkan agar acara semacam ini dapat rutin dilakukan guna meningkatkan hubungan baik serta memperluas networking antar sesama pengusaha yang memiliki aktivitas bisnis dengan Indonesia.