Menlu RI dan Menteri Negara Singapura Bahas Tindak Lanjut Hasil Kunjungan Presiden RI Ke Singapura

Bali, 10 Desember 2015 – Menlu RI melakukan pertemuan dengan Menteri Negara Urusan Kesehatan dan Urusan Komunikasi & Informasi Singapura, Y.M. Chee Hong Tat yang hadir mewakili Pemerintah Singapura pada kegiatan Bali Democracy Forum VIII ini. 

Pertemuan membahas dua hal pokok yaitu tindak lanjut MoU mengenai e-government yang ditandatangani pada saat kunjungan Presiden RI ke Singapura dan pembahasan draft MoU mengenai kerja sama kesehatan. Menteri Chee sepakat agar kedua negara dapat segera menindaklanjuti kerja sama di dua bidang tersebut.

Khusus mengenai kerja sama kesehatan, Menlu Retno menyampaikan pertemuan antara Menteri Kesehatan RI dan Singapura saat World Economic Forum (WEF), East Asia, April 2015, dimana Singapura menawarkan kerja sama pelatihan di bidang health management & Governance serta kerja sama experience sharing dan investasi di bidang pembangunan Rumah Sakit dalam skema PPP.   

Singapura merupakan mitra perdagangan Indonesia terbesar ketiga dengan nilai perdagangan sebesar US$20,99 milyar hingga Agustus 2015. Singapura juga merupakan kontributor wisatawan mancanegara terbesar ke Indonesia yaitu sebesar 1.080.212 orang hingga September 2015. (Sumber: BAM/Infomed)