PERSYARATAN PERMOHONAN SURAT PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA

9/15/2011

 
PERSYARATAN PERMOHONAN PENGGANTIAN/
PEMBUATAN BARU/PERPANJANGAN SPRI/PASPOR RI

Penggantian SPRI/Paspor RI dapat di laksanakan jika pemohon masih mempunyai izin tinggal (residency permit/iqamah) yang masih berlaku dan masa berlaku paspor kurang dari 6 (enam) bulan, habis halaman, habis masa berlaku dan rusak (tanda tangan pejabat imigrasi rusak/hilang/terhapus, halaman lepas/rusak, informasi resmi hilang) / hilang.

Perpanjangan paspor RI dapat di berikan jika masa berlaku nya belum genap 5 (lima) tahun. Umum nya Perwakilan RI memberikan paspor RI dengan masa berlaku 3 (tiga) tahun. Jika tidak ada hal – hal yang memberatkan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, perpanjangan dapat di berikan hingga mencapai batas maksimum masa berlaku paspor RI yaitu 5 (lima) tahun. Untuk keadaan darurat/emergency, perpanjangan dapat di berikan maksimum 6 (enam) bulan meski sudah melewati batas maksimum masa berlaku paspor RI.

Persyaratan pengajuan permohonan penggantian SPRI/Paspor :

1. Tidak termasuk dalam daftar cekal (black list).
2. Paspor lama pemohon.
3. Pas Photo berwarna ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing sebanyak 2 lembar dengan berlatar belakang putih.
4. Photo Copy Civil ID pemohon/sponsor .
5. Photo Copy Akte Lahir.
6. Mengisi formulir permohonan Paspor.
7. Pemohon mengajukan sendiri formulir permohonan paspor dan berkas pendukung ke KBRI.
8. Melampirkan Surat Keterangan dari Polisi setempat, Surat Keterangan Identitas Pemegang Paspor dan Sponsor dari imigrasi tempat pemohon mendapatkan izin tinggal (residency permit), lembar cetak (print out) dari imigrasi setempat mengenai informasi lengkap paspor pemohon, jenis izin kerja (working permit) dan izin tinggal (khusus bagi pemohon yang kehilangan/rusak SPRI/Paspor RI nya).
Anak yang masih tercantum dalam paspor orang tua atau anak yang di lahirkan di Bahrain (luar negeri) dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan paspor RI dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut:

1. Akte Lahir
2. Photo Copy paspor orang tua
3. Photo Copy Civil ID orang tua

4. Mengisi formulir permohonan paspor anak

5. Photo berwarna ukuran 4x6 dan 3x4 ( @ 2 lembar) dengan berlatar belakang putih.
6. Paspor asli orang tua (untuk pemisahan anak dari paspor orang tua)

7. Surat bukti pernikahan orang tua


Sesuai dengan Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM RI Nomor : M.02.IZ.0310 Tahun 2004 tanggal 14 April 2004) Tentang Penggantian Blanko Paspor/Desain Paspor Baru, bahwa paspor RI 24 Halaman di terbitkan untuk TKI dan paspor RI 48 halaman untuk umum/biasa.