Foto Bersama” jadi Daya Tarik Paviliun Indonesia

Berfoto bersama di Paviliun Indonesia tampaknya menjadi salah satu hal wajib bagi pengunjung pameran “This is Bahrain in Bahrain” yang diselenggarakan di Stadium Nasional Bahrain pada tanggal 11 Desember 2015 lalu. Pada kesempatan pameran tersebut, KBRI Manama memang menampilkan sejumlah koleksi pakaian tradisional yang dikenakan oleh para staf KBRI Manama. Keunikan pakaian tradisional Indonesia tersebut menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk berfoto bersama. Bahkan sejumlah pengunjung kembali mengunjungi paviliun Indonesia bersama dengan teman dan keluarga lainnya untuk berfoto bersama. 

Selain menampilkan sejumlah pakaian tradisional Indonesia, KBRI Manama juga memamerkan sejumlah foto yang menggambarkan keindahan alam Indonesia dan juga beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia. 

Kegiatan “This is Bahrain in Bahrain” yang bertema Bahrain’s religious tolerance and coexistence ini diselenggarakan oleh Bahrain Federation of Expatriate Association (BFEA) sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Nasional Bahrain yang jatuh pada tanggal 16 Desember setiap tahunnya. Selain pameran, terdapat pula panggung pertunjukan yang menampilkan sejumlah tarian khas Bahrain dan negara-negara sahabat lainnya. 

Meskipun pada tahun 2015 kali ini, KBRI Manama tidak menampilkan tarian tradisional Indonesia seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung yang datang ke Paviliun Indonesia tampaknya melebihi yang diharapkan. Para staf KBRI tampak kewalahan melayani pengunjung, baik untuk berfoto bersama maupun berdiskusi mengenai kemungkinan para pengunjung untuk berlibur ke Indonesia serta mengenai toleransi beragama di Indonesia. Sejumlah leaflet yang disediakan KBRI juga habis diminta oleh para pengunjung. 

Tidak hanya pengunjung dari masyarakat, sejumlah tamu seperti Duta Besar Algeria untuk Kerajaan Bahrain, Anggota Dewan Shura, Pimpinan Daily Tribune, Wakil Ketua Durat Al Riffa Senior Social Club, serta Sekretaris Jenderal BFEA berkesempatan untuk mengunjungi Paviliun Indonesia dan memberikan pujiannya terhadap paviliun Indonesia. 

Hadir dalam pameran tersebut yakni HH. Shaikh Nasser bin Hamad Al Khalifa yang merupakan Utusan Khusus Raja untuk urusan Amal dan Pemuda, Ketua Dewan Urusan Olah Raga dan Pemuda, serta Presiden Komite Olimpic Bahrain hadir dalam kegiatan tersebut untuk mewakili Raja Bahrain. 

Dubes RI, Chilman Arisman pada kesempatan wawancara dengan harian Daily Tribunemenyampaikan ucapan selamat kepada penyelenggara atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan, terlihat dari jumlah pengunjung yang sangat besar dan berasal dari negara-negara GCC lainnya seperti Arab Saudi, Kuwait dan Qatar selain tentunya paraexpatriate yang ada di Bahrain.