PROGRAM AMNESTI/PEMUTIHAN PEMERINTAH KERAJAAN BAHRAIN

7/2/2015

 

?

Labour Market Regulatory Authority (LMRA) Kerajaan Bahrain  melaksanakan program Amnesti/pemutihan kepada para pekerja asing ilegal (termasuk WNI) yang ada di Bahrain pada tanggal 1 Juli – 31 Desember 2015.
 
Kategori pekerja asing ilegal yang dapat mengikuti Amnesti:
-          Meninggalkan tempat bekerja sebelum kontrak selesai (runaway).
-          Habis kontrak dan masa berlaku ijin tinggal sehingga berstatus overstay.
-          Tidak kembali ke negara asal setelah kontrak selesai (runaway after termination).
-          Tidak memperbarui kontrak dan ijin tinggal sehingga berstatus overstay.
 
Jenis program Amnesti/Pemutihan:
1.    Kembali ke negara asal tanpa dikenakan sanksi/denda dan kemungkinan dapat kembali ke Bahrain (tidak masuk “daftar hitam”/blacklist)
2.    Dapat kembali bekerja secara legal dengan employer baru tanpa perlu mendapat ijin dari employer sebelumnya dan semua jenis pelanggaran yang dilakukan akan dihapus.
 
 
Pertama: Untuk dapat kembali ke negara asal, pekerja asing/WNI harus mengurus perpanjangan visa ke Imigrasi Bahrain dengan membawa paspor (dokumen perjalanan/SPLP) yang masih berlaku. Perpanjangan visa hanya berlaku selama 2 minggu dan harus kembali ke negara asal dalam periode tersebut.
 
Kedua:      Untuk dapat kembali bekerja secara legal:  
1.   Wajib mendapatkan employer baru.
2.   Employer baru yang akan mengurus perpanjangan ijin tinggal ke Kantor Pusat Imigrasi Bahrain
3.   Pekerja asing/WNI mengisi dan menandatangani formulir Intention to Transfer (formulir kesediaan) dan memberikannya kepada employer baru. Employer baru akan mengunggah dokumen tersebut beserta aplikasi ijin kerja yang baru secara online melalui LMRA Expatriate Management System.
 
Penting!!
1.    Pemerintah Bahrain tidak memungut biaya untuk pelaksanaan program Amnesti. Seluruh prosedur harus dijalankan sendiri oleh pekerja dan pemberi kerja tanpa melalui perantara/penghubung.
2.    Employer baru dilarang untuk meminta bayaran kepada pekerja. Merupakan pelanggaran jika employer  meminta bayaran untuk mengajukan aplikasi kerja ke LMRA.
 
Informasi/bantuan lebih lanjut dapat menghubungi call center LMRA +17 506 055 atau KBRI Manama dengan alamat Villa 2113, Road 2432, Block 324, Juffair. Telp +17 400164, fax +17 400267, hotline +973 3879 1650