Pengajian Al-Arafah: "Sirah Nabawiyah"

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kamis, 9 Pebruari 2012, dingin masih menyelimuti area Juffair, Manama tapi itu kembali tidak mengurangi antusias masyarakat yang ingin mendengarkan siraman rohani dari Ustadz Ugi.

 

Dihadiri sekitar 50 orang, pengajian Al-Arafah kali ini membahas Sirah Nabawiyah (Perjalanan Nabi Muhammad Saw). Pembahasan ini seolah-olah menjawab rasa dahaga para jemaah yang ingin megenal lebih jauh tentang diutusnya Rasulullah, perjalanan dakwahnya, serta keberhasilan yang diraih oleh Rasulullah Saw ketika menjadi pemimpin pertama umat Islam. Pembahasan itu merupakan pencerahan dimana sebelumnya umat Islam baru saja memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad Saw.

 

Dijelaskan bahwa berita akan datangnya seorang utusan penutup dari semua Nabi ini datang ketika masih dizaman Nabi Isa a.s., dimana diberitakan oleh Nabi Isa a.s., bahwa akan datang nabi setelahnya yang bernama Ahmad (Muhammad). Ini juga merupakan terkabulnya doa Nabi Ibrahim a.s., untuk dianugerahi keturunan yang saleh. Karena Rasulullah Saw adalah keturunan Nabi Ismail, putera Nabi Ibrahim a.s.

 

Dalam kesempatan itu dipaparkan dengan jelas tentang sejarah perjalanan Nabi Muhammad Saw, dari mulai lahir sampai meninggal. Kejayaan yang diraih serta penyebaran agama Islam yang bisa sampai ke Indonesia, sehingga sepeninggal beliau kita selaku umatnya diharapkan bisa menjaga agamanya dengan menauladani beliau serta menyebarkan agama mulia tersebut kepada mereka yang awam dan belum mengenal Islam.

 

Dan pengajian tersebut seperti biasa diakhiri dengan sesi Tanya jawab, serta ramah tamah seadanya yang disediakan ibu-ibu pengajian yang hadir dengan membawa berbagai makanan dari rumahnya masing-masing.

 

Semoga ilmu yang didapat, makanan yang dibawa dan waktu yang diluangkan menjadi bekal nanti kita di akhirat, amin.