Temu Masyarakat dan Pelayanan Konsuler di Barcelona

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Duta Besar RI didampingi Fungsi Protokol Konsuler dan Atase Pertahanan RI di Madrid, pada tanggal 19 Juni 2010 mengadakan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Barcelona. Selain untuk melakukan pembinaan masyarakat dan perkenalan masyarakat Indonesia dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol yang baru, Ibu Adiyatwidi Adiwoso, dan Konsul Kehormatan Indonesia yang baru, Mr. James Bradwell, kesempatan tersebut dimanfaatkan pula untuk memberikan pelayanan kekonsuleran bagi masyarakat Indonesia di wilayah Catalunya dengan membuka meja pelayanan konsuler.

 

Pada acara yang dihadiri oleh lebih dari 60 orang warga masyarakat Indonesia tersebut, Duta Besar RI menyampaikan bahwa pembangunan nasional tidak saja menjadi tugas pemerintah dan masyarakat Indonesia di dalam negeri, namun juga memerlukan dukungan dari masyarakat Indonesia di luar negeri. Untuk itu Duta Besar RI meminta peran serta komunitas masyarakat Indonesia di Barcelona bersama dengan KBRI Madrid dan Konhor Barcelona mengenalkan Indonesia dan membangun citra positif Indonesia pada masyarakat Spanyol, sehingga mampu mendorong peningkatan minat kunjungan wisata masyarakat Spanyol dan menjajagi peluang bisnis dengan mitra usaha di Indonesia.

 

Dalam hal pelayanan masyarakat dan perlindungan masyarakat Indonesia di Spanyol, Duta Besar RI menekankan  bahwa KBRI Madrid siap membantu dalam memberikan pelayanan kekonsuleran yang cepat, murah dan ramah dan selalu membuka pintu dalam memberikan perlindungan masyarakat Indonesia di Spanyol. Sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan kekonsuleran bagi masyarakat di luar kota Madrid, diadakan  pelayanan meja kekonsuleran di beberapa kota yang komunitas masyarakat Indonesianya cukup besar.

 

Kesempatan temu masyarakat tersebut juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan ketentuan, prosedur dan tata cara keimigrasian dan kekonsuleran yang baru maupun yang telah berjalan selama ini. Untuk itu Sekretaris I Fungsi Protokol Konsuler memaparkan materi ketentuan, prosedur dan tata cara keimigrasian dan kekonsuleran, diantaranya mengenai lapor diri, pencatatan perkawinan, paspor RI dan perkembangannya menuju paspor biometrik, kewarganegaraan ganda terbatas, dan aspek-aspek perlindungan masyarakat Indonesia lainnya.

 

Untuk menampung aspirasi masyarakat yang ingin mengetahui lebih rinci tentang ketentuan, prosedur kekonsuleran dan keimigrasian, serta masalah-masalah kekonsuleran dan perlindungan lainnya, disediakan pula peluang untuk berkonsultasi langsung dengan pejabat Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Madrid. Sementara itu meja pelayanan konsuler secara simultan melayani keinginan masyarakat untuk lapor diri, penerbitan paspor baru bagi pemegang paspor yang habis masa berlakunya, dan penyerahan permohonan bagi kewarganegaraan ganda terbatas bagi anak di bawah 18 tahun atau belum kawin.

 

Acara tersebut mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, dan mereka mengharapkan agar acara temu masyarakat dan pelayanan meja kekonsuleran semacam ini dapat dilaksanakan secara berkala di Barcelona.