Partisipasi Indonesia dalam IV Feria de Las Americas, di Madrid

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Indonesia menjadi salah satu peserta dalam pameran The Americans Fair IV in Spain / IV Feria de Las Americas en España, yang merupakan ajang promosi di Spanyol bagi negara-negara Amerika Latin dan Karibia yang dilaksanakan pada 14 – 16 Mei 2010. Duta Besar Adiyatwidi Adiwoso Asmady pada 14 Mei 2010 turut membuka pameran tersebut bersama Duta Besar Peru, wakil pemerintah kota Madrid dan Murcia, Ketua Panitia Penyelenggara, dan wakil peserta pameran lainnya. Meskipun pameran ini ditujukan bagi para peserta dari negara-negara Amerika Latin dan Karibia, namun event ini juga tidak menutup keikutsertaan negara lain yang memiliki produk unggulan. Sesuai tema tahun ini yang mengusung produk kopi sebagai produk utama, Indonesia dan Peru mengeluarkan kopi-kopi terbaiknya untuk diperkenalkan kepada publik Spanyol.

 

Dalam sambutannya Duta Besar menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai kesamaan dengan negara-negara Amerika Latin karena berada dalam iklim tropis sehingga menghasilkan produk-produk alam yang serupa. Berbagai daerah di Indonesia mampu memproduksi berbagai kopi dari varietas arabica sampai robusta dengan kualitas terbaik, dimana produk kopi unggulan yang Indonesia suguhkan dalam pameran tersebut adalah kopi luwak, yang merupakan kopi termahal di dunia saat ini.

 

Dalam pameran tersebut Indonesia menempati stand seluas 48m2 dengan dekorasi khas Nusantara yang mempresentasikan kopi-kopi terbaik produksi Indonesia. Para pengunjung juga akan diajak mengungkap misteri di balik keistimewaan kopi luwak ini melalui kuis-kuis yang disajikan selama pameran dengan hadiah-hadiah yang menarik. Selain kopi, di stand Indonesia para pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia, yang salah satunya disuguhkan melalui tarian Bali.