PROMOSI INDONESIA PADA DIPLOMATIC CULTURAL SHOW 2015 DI MADRID


KBRI Madrid dan DWP KBRI Madrid mempromosikan Indonesia dengan berpartisipasi pada acara Diplomatic Cultural Show 2015, yang diselenggarakan di Hotel InterContinental Madrid, tanggal 27 April 2015. Acara yang merupakan program tahunan Asosiasi Diplomatik Internasional di Spanyol (Asociación Internacional de Diplomáticos en España / AIDE) ini dibuka oleh Ratu Spanyol, Sofia, dan dihadiri oleh kalangan pejabat pemerintah dan kalangan diplomatik dari 50 negara yang berakreditasi di Spanyol.
 
Diplomatic Cultural Show 2015 menampilkan pertunjukan seni musik dan tari serta peragaan busana tradisional dari berbagai negara, yaitu Albania, Algeria, Azerbaijan, Brasil, Cape Verde, China, Mesir, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Filipina, Georgia, Guatemala, Equatorial Guinea, India, Indonesia, Irak, Jepang, Yordania, Kazakstan, Lithuania, Latvia, Maroko, Meksiko, Palestina, Pakistan, Paraguay, Republik Dominika, Rumania, Rusia, Afrika Selatan dan Thailand. 
 
Pada kesempatan ini, Indonesia mengangkat tema Jawa Barat / Sunda dengan menampilkan seni musik Rampak Kendang dan peragaan busana pengantin tradisional Sunda. Penampilan Indonesia mendapat sambutan yang meriah dari para tamu undangan dan mengundang ketertarikan para tamu undangan untuk mengetahui lebih jauh mengenai Indonesia.
 
Sebagaimana disampaikan oleh Duta Besar RI Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, partispasi KBRI Madrid dan DWP KBRI Madrid pada acara ini tidak hanya ditujukan untuk mempromosikan Indonesia di Spanyol melainkan juga untuk berperan serta aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada lembaga yang ada di Spanyol. Hal ini sejalan dengan fungsi KBRI Madrid yaitu untuk mempromosikan Indonesia tidak hanya melalui promosi seni budaya Indonesia melainkan juga melalui pembentukan citra positif Indonesia serta peningkatanpeople-to-people contact di negara akreditasi. 
 
Hasil penjualan tiket dari acara ini akan disumbangkan kepada Yayasan Ratu Sofia yang kemudian akan disalurkan kepada Yayasan Bank Makanan Madrid (Banco de Alimentos de Madrid). Bank Makanan Madrid adalah lembaga amal non-profit yang didirikan pada tahun 1994 dengan tujuan untuk menyediakan makanan yang bernutrisi bagi kelompok masyarakat yang kurang beruntung, antara lain orang cacat fisik dan mental, manula, penderita AIDS, anak-anak terlantar, dan mantan pecandu narkoba. Yayasan Reina Sofia telah bekerjasama dengan Bank Makanan Madrid sejak tahun 2012 dalam 4 (empat) proyek besar yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas Bank Makanan Madrid dalam mengumpulkan dan menyalurkan bantuan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.