Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Serahkan Surat Kepercayaan kepada Raja Juan Carlos I

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Ibu Adiyatwidi Adiwoso, pada tanggal 5 juli 2010, menyerahkan surat kepercayaannya kepada Raja Juan Carlos I bertempat di istana Palacio Real, Madrid. Dengan diserahkannya surat kepercayaan/ credential ini berarti dubes RI yang telah tiba di Spanyol sejak 3 bulan yang lalu tersebut dapat menghadiri kegiatan-kegiatan yang melibatkan keluarga kerajaan, karena kehadirannya telah diterima oleh Raja. Penyerahan surat kepercayaan tersebut sebelumnya sempat dijadwalkan pada tanggal 13 Mei 2010, namun karena Raja Spanyol secara mendadak harus menjalani operasi paru-paru beberapa saat sebelum pelaksanaan sesuai jadwal tersebut, maka penyerahan surat kepercayaan baru dapat terlaksana kemarin. Sesuai tradisi kerajaan Spanyol, acara penyerahan surat kepercayaan tersebut dilakukan bersama dengan duta besar lainnya yang diakreditasikan pada kerajaan Spanyol (maksimum 6 dubes), yang ketibaannya di Spanyol berdekatan waktunya. Selain Dubes RI, pada hari yang sama penyerahan surat kepercayaan kepada Raja Spanyol juga dilakukan oleh dubes dari: San Marino, Vietnam, Chile, Iran dan Samoa.

Prosesi jalannya rangkaian upacara penyerahan surat kepercayaan tersebut dilakukan dengan acara tradisi kerajaan yang sudah berlangsung sekitar 200 tahun dengan menggunakan kereta kuda dan dikawal 36 pasukan pengawal kerajaan berkuda. Penggunaan kereta berkuda tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan dari kerajaan Spanyol untuk menyambut duta besar negara sahabat yang akan menyerahkan surat kepercayaannya. Dengan didampingi 4 pejabat KBRI Madrid, Dubes RI dijemput oleh petugas protokol Kemlu Spanyol menuju gedung protokol Kemlu Spanyol di Plaza Independencia untuk dilakukan pengambilan gambar secara individual dan secara bersama dengan pejabat Kemlu Spanyol.

Dari gedung protokol Kemlu, prosesi penjemputan dubes RI oleh pasukan pengawal berkuda dimulai. Komandan pasukan berkuda Spanyol memberikan penghormatan sebelum Dubes menaiki kereta kudanya didampingi pejabat protokol Kemlu Spanyol. Iring-iringan kereta kuda tersebut melewati beberapa tempat bersejarah di pusat kota, di antaranya adalah Plaza Mayor dan Gedung Walikota Madrid. Setibanya di pintu gerbang istana Palacio Real dan melintasi Plaza Armenia, pasukan kerajaan Spanyol memainkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah sempat menunggu beberapa saat di ruang tunggu Sala Artachamber, tepat pada pukul 12.15 dubes RI memasuki ruang official chamber, dimana Raja Juan Carlos I yang didampingi oleh Wakil Menlu, Ms. Maria Jesus Figa Lopez Palop, serta pejabat militer dan rumah tangga istana kerajaan spanyol, akan menerima penyerahan surat kepercayaan dubes.

Setelah menyerahkan surat kepercayaan dan memperkenalkan para staf KBRI Madrid yang mendampingi, dilakukan pembicaraan secara tertutup antara Dubes RI dengan Raja Juan Carlos I didampingi Wakil Menlu Spanyol di ruang khusus. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 20 menit tersebut, Raja Juan Carlos I menyampaikan ucapan selamat datang dan menyambut baik penunjukan ibu Adiyatwidi Adiwoso sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol. Pada kesempatan tersebut Dubes RI menyampaikan ucapan terima kasih dari bangsa Indonesia atas bantuan Spanyol bagi korban bencana tsunami pada tahun 2004, dan penghargaan pemerintah indonesia atas kunjungan Ratu Sophia dari Spanyol ke Pulau Nias untuk melihat perkembangan penyaluran bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi yang dibiayai oleh pemerintah Spanyol. Dalam pembicaraan tersebut disepakati bahwa hubungan bilateral Indonesia–Spanyol yang selama ini telah berjalan dengan stabil dan saling menguntungkan selama lebih dari 50 tahun tersebut dapat semakin ditingkatkan di berbagai sektor.