Bazar Benéfico Indonesia 2010 Memukau Masyarakat Spanyol

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bazar Benéfico Indonesia 2010 yang ke-11 di halaman KBRI Madrid telah berlangsung dengan meriah selama 2 hari, yaitu pada tanggal 3-4 Juli 2010. Bazar Benéfico tersebut didukung oleh 27 sponsor perusahaan Indonesia dan Spanyol, serta dimeriahkan juga dengan partisipasi para importir maupun masyarakat Indonesia dengan menjual produk-produk Indonesia. Bazaar Benéfico 2010 juga menampilkan kekayaan kuliner Indonesia dari berbagai daerah dan berbagai ragam jenis makanan yang sangat diminati oleh warga Spanyol. Sementara itu berlangsung pula pergelaran berbagai tarian dan musik tradisional Indonesia hingga malam hari.

 

Dubes RI di Madrid, Ibu Adiyatwidi Adiwoso, menyatakan bahwa Bazar Benéfico yang telah berlangsung ke-11 kalinya merupakan keberhasilan dalam memperkenalkan budaya, pariwisata, dan kuliner Indonesia kepada masyarakat Spanyol. Selain itu, hasil kegiatan ini dimaksud untuk membantu anak putus sekolah dan anak cacat, yang disalurkan baik melalui sekolah maupun lembaga sosial di Indonesia. Dukungan masyarakat Spanyol, khususnya Madrid, dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya, yang mencapai lebih dari 2000 orang.

 

Kekhususan penyelenggaraan Bazar Benéfico tahun ini tercermin dalam pertukaran budaya antara masyarakat Indonesia dengan Spanyol. Dalam acara ini ditampilkan pergelaran wayang kulit yang dimainkan oleh seorang dalang warga negara Spanyol, Guillermo Tarquini, yang pernah mengikuti pendidikan dalang di Solo. Selain itu, ada pula pergelaran gamelan Jawa oleh 8 warga Spanyol yang dilatih oleh KBRI Madrid, yang memainkan 4 tembang. Selain menampilkan kesenian tradisional Indonesia, Jonas Bisquert, warga Spanyol pecinta Indonesia, juga menyanyikan lagu-lagu pop kontemporer Indonesia. Di lain pihak, ditampilkan pula tarian khas Spanyol, flamenco, oleh salah seorang warga negara Indonesia.

 

Acara Bazar Benéfico di KBRI Madrid sudah menjadi tradisi tahunan di kota Madrid yang telah diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini karena tidak hanya pertunjukan kesenian, kuliner Indonesia dan produk-produk Indonesia saja yang ditawarkan, namun juga karena tersedianya hadiah yang cukup memikat para pengunjung. Sejumlah hadiah yang menarik dan didambakan oleh masyarakat setempat adalah tiket kunjungan Madrid-Bali-Madrid atas bantuan dari perusahaan Garuda Indonesia.