Pidato Dubes pada Resepsi HUT RI ke-65 di InterContinenatl Hotel Madrid

9/15/2010

 
Your Excellencies …….,
Sus Excelencias Embajadores
Distinguidos Invitados
 
Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Anda dan merupakan sebuah kehormatan kehadiran para undangan dalam resepsi untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-65.
Indonesia telah merayakan hari kemerdekaan ke 65 pada tanggal 17 Agustus lalu. Walaupun usia bangsa dan Negara kami masih relative muda, namun dalam perjalanan kami telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan. Khususnya dalam 10 tahun terakhir ini, bangsa kami mengalami masa transisi yang menuju Indonesia baru yang lebih demokratis dan terbuka. Sebagai negara ber-kependudukan ke-4 terbesar di dunia dan mayoritas beragama Islam memiliki keunikan dan wajah tersendiri selain juga terdapat tantangan dan desempatan yang sangat besar.
 
Excellencies...
Dalam membina hubungan Internasional, Indonesia berupaya untuk menjadi bangsa dan Negara yang memiliki “ thousands friends, zero enemy” seperti yang dicanangkan oleh Presiden kami. Hal tersebut juga diharapkan dapat diwujudkan antara Indonesia dan Spanyol serta di seluruh dunia. Kami percata bahwa dengan terbina hubungan dan kerjasama antara sesama bangsa dan negara permasalahan yang dihadapi dunia dapat teratasi. Untuk itu saya sangat berharap kerjasama yang harus dapat terus ditingkatkan antara Indonesia dan Spanyol dan juga dengan Corps Diplomatic disini.
 
Untuk itu, saya undangan para Excelencies untuk bersulang untuk kesejahteraan dan keamanan negara kita dan bangsa-bangsa di dunia.