KBRI Madrid Siap Sambut KRI Dewa Ruci di Pelabuhan Malaga Spanyol

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KRI Dewa Ruci yang merupakan kapal latih bagi para taruna Akademi Angkatan Laut RI kembali melakukan pelayarannya di kawasan Eropa. Dalam rangkaian pelayarannya ini Dewaruci akan singgah di pelabuhan Malaga, Spanyol, dan akan menampilkan berbagai kesenian tradisional Indonesia yang dibawakan para taruna yang khusus datang dari Jakarta. KRI Dewaruci telah lego jangkar di perairan Spanyol, pada tanggal 19 Juni 2010 dan akan merapat ke pantai Malaga pada tanggal 23 Juni 2010. Mengenai pelayaran ini Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Ibu Adiyatwidi Adiwoso menyatakan bahwa Dewaruci adalah duta Indonesia dalam menunjukkan kekuatan maritim Indonesia di seluruh penjuru dunia.

 

Sehubungan dengan kedatangan kapal Dewaruci ini, KBRI Madrid akan mengadakan acara penyambutan dalam sebuah cocktail reception pada 25 Juni 2010 di pelabuhan Malaga. Dalam acara ini para kadet dan anak buah kapal Dewaruci akan menampilkan pagelaran tari-tarian Indonesia, di antaranya yaitu: Tari Rantak (Padang), Tari Perang (Papua), Rampak Gendang (Jawa Barat), dan Reog Ponorogo (Jawa Timur). Sebelumnya pada tanggal 24 Juni 2010 juga akan dilangsungkan acara “Open Ship”, dimana masyarakat umum dapat naik ke kapal dan melihat-lihat KRI Dewaruci dari dekat. Pada hari yang sama juga akan diadakan pertandingan olahraga persahabatan antara kru KRI Dewaruci dengan Angkatan Laut Spanyol.

 

Selain mengemban misi meningkatkan pengetahuan para taruna tentang hubungan militer antar negara, pelayaran Dewaruci tahun ini juga untuk mengikuti berbagai lomba kapal layar tiang tinggi internasional di berbagai negara dalam operasi muhibah Kartika Jala Krida. Lomba-lomba yang diikuti dalam misi ini adalah: The Historical Seas Tall Ships Regatta di Yunani dari tanggal 12 Mei-4 Juni, The Tall Ships Race 2010 in Aalborg di Denmark dari tanggal 13 Juli-7 Agustus, Sail Amsterdam Festival di Belanda dari tanggal 20-23 Agustus, Sail Bremerhaven Festival di Jerman dari tanggal 25-29 Agustus, serta Festival Internationale Mediterraneo E Velieri di Italia dari tanggal 8-13 September 2010. Dalam festival di Yunani, KRI Dewaruci berhasil meraih 2 penghargaan, yaitu The Best Ship in Crew Parade dan The Furthest Distance untuk peserta dengan arungan laut terjauh.