Selenggarakan Pemutaran Film Mengejar Ombak, brosur wisatapun terbagi habis

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pemutaran Perdana  film berjudul Mengejar Ombak yang digelar di KBRI London pada tanggal 18 Februari 2010 membuka Pekan Film Indonesia yang akan berlangsung di London, Leeds dan New Castle dari bulan Februari hingga bulan Juni 2010.  Penyelenggaraan pekan film tersebut merupakan kerjasama antara KBRI London, School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London  dan Asosiasi Masyarakat Indonesia di London (Wadah) serta sutradara muda warga negara Inggris, Dave Arnold.

Film’Mengejar Ombak’ adalah sebuah film semi-dokumenter yang menceritakan mengenai perjalanan seorang surfer Indonesia asal Jawa barat, Dede Suryana, yang telah menjuarai kejuaraan surfing Indonesia dan dua kali pemenang Gold Winner pada Asian Beach Games.  Film ini yang merupakan karya pertama dari sutradara Dave Arnold  juga mengisahkan mengenai  perbenturan kebudayaan yang dialami oleh Dede yang berasal dari keluarga Islam tradisional yang kemudian tinggal di Bali dan terekspose dengan budaya-budaya Barat sebagai bagian dari kehidupannya sebagai seorang atlit surfing.

Film ini sebelumnya telah ditayangkan di Blitz Megaplex Jakarta dan memperoleh sambutan yang cukup meriah dari berbagai kalangan. Selain itu film ini juga telah memperoleh penghargaan Best Emerging Filmmaker dan Best Original Score pada X-Dance Film Festival 2009 di Utah, AS.

Dalam kata Sambutannya, Duta Besar Yuri Thamrin menyatakan bahwa pemutaran film Mengejar Ombak tersebut maupun film-film Indonesia lainnya pada pekan film Indonesia di beberapa kota di Inggris tersebut diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi masyarakat Inggris yang berkeinginan untuk mengenal Indonesia secara lebih mendalam serta berkunjung sebagai turis.  Ditambahkan bahwa Pekan film Indonesia  ini diselenggarakan KBRI London sebagai upaya untuk mensinergikan dengan kegiatan promosi wisata Indonesia lainnya di London tahun ini, seperti promosi Pariwisata dan Perdagangan yang akan digelar di Department Store terkenal di Inggris, Harrods, pada bulan April.

Pemutaran perdana film Mengejar Ombak tersebut telah dihadiri oleh sekitar 120 orang penonton yang sebagian besar warga Inggris. Diantara penonton yang hadir tampak Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Martin Hatfull, beserta istri yang tengah berada di London.  Selain itu tampak pula mantan Duta Besar Inggris di Jakarta sebelumnya, yaitu Sir Robin Christopher, serta para anggota Anglo-Indonesian Society dan komunitas seni perfilman di London.

Seusai menonton film tersebut, para penonton tampak puas dan terlihat sangat antusias untuk berdiskusi dengan sutradara David Arnold mengenai proses pembuatan film tersebut di Indonesia.  Disaat kepulangan, paket brosur wisatapun terlihat banyak dibawa pulang oleh sebagian besar penonton.