Inggris menetapkan Strategi Pangan, "Food 2030"

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menteri Lingkungan, Pangan dan Pertanian Inggris/ Department for Environment, Food and Rural Affairs (DEFRA), Hilary Benn pada Konferensi Pertanian Oxford hari Selasa 5 Januari 2010 menyebutkan bahwa pemerintah Inggris telah menetapkan Strategi Pangan, yang menyerukan kepada para petani Inggris untuk "merebut peluang" untuk menghasilkan lebih banyak makanan dengan cara yang berkelanjutan (sustainable).

Dinamakan “Food 2030”, rencana ini akan menetapkan strategi pangan pemerintah Inggris untuk 20 tahun ke depan. Menteri Benn menyebutkan bahwa bangsa Inggris perlu mengakui pentingnya produsen Inggris dan bahwa pertanian perlu "dikedepankan, bukan diremehkan".

Penerapan strategi ini merupakan hasil dari konsultasi pemerintah Inggris tahun lalu mengenai bagaimana Inggris dapat mengamankan labih banyak lagi suplai makanan yang berkelanjutan dalam menghadapi perubahan iklim dan meingkatnya jumlah penduduk dunia. Menurut Menteri Benn, “kenaikan harga-harga makanan di berbagai belahan dunia akhir-akhir ini telah menimbulkan tantangan baru bagi setiap negara untuk menyediakan makanan dengan harga yang layak”.

"Kita perlu menghasilkan lebih banyak makanan, secara berkelanjutan, dan memastikan makanan yang kita makan menjamin kesehatan kita," ujar Menteri Benn kepada peserta konferensi. "Ini merupakan tantangan besar, tetapi juga kesempatan besar bagi pertanian. Ia menambahkan bahwa pertanian harus menjadi industri progresif masa depan dan mereka yang bekerja di dalamnya perlu pengakuan dan penghargaan publik yang lebih besar.

Strategi ini meliputi proposal “healthy food code of conduct” yang bertujuan untuk membantu masyarakat memilih apa yang harus dibeli. Pemerintah juga menginginkan pengurangan limbah pangan, dan menyediakan lahan bagi masyarakat untuk menanam tanaman pangan bagi konsumsi pribadi.

PM Inggris, Gordon Brown sebelumnya pernah mengatakan bahwa Inggris harus memproduksi bahan pangan lebih banyak tanpa membahayakan sumber daya alam yang ada. Brown juga mengatakan adanya kebutuhan untuk menganggarkan dana sebesar 80 milyar Poundsterling bagi pengembangan industri pangan.

Isu perubahan iklim dan isu ketahanan pangan menjadi salah satu perhatian pemerintah Inggris. Hal ini terlihat dari berbagai upaya pemerintah Inggris untuk menghadapi tantangan atas isu-isu yang berhubungan dengan kedua hal tersebut.

Situs resmi Defra (Department for Environment, Food, and Rural Affairs) telah merilis laporan lengkap serta ringkasan strategi “Food 2030”. Dalam situs resmi tersebut juga terdapat informasi-informasi yang dibutuhkan terkait dengan kebijakan Pemerintah Inggris dalam bidang pertanian serta strategi Pemerintah Inggris dalam menghadapi isu ketahanan pangan.

* Dirangkum dari Situs resmi DEFRA, BBC News, Guardian dan Farmers Weekly