Dubes RI kunjungi Grimsby Institute sebagai upaya penguatan kerjasama ekonomi dan perdagangan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 20 hingga 21 Januari 2010, Duta Besar RI untuk Inggris, Yuri O. Thamrin didampingi Counsellor Ekonomi, Tumpal M.H. Hutagalung dan Atase Perdagangan, Husniaty telah melakukan kunjungan kerja ke kota Grimsby dalam rangka memenuhi undangan Grimsby Institute dan kalangan usaha industri perikanan di kota Grimsby, bagian tengah Inggris.
Dalam kunjungan tersebut, Duta Besar RI dan rombongan juga telah bertemu dengan Walikota Grimsby, dalam rangka penguatan kerjasama pada tataran G-toG guna mendorong peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan.

Duta Besar RI juga telah bertemu dengan Director Enterprise Grimsby Institute dan beberapa perwakilan dari kalangan pengusaha di kota Grimsby, baik yang bergerak di bidang logistik angkutan barang kapal, frozen food industry, maupun potential buyers produk makanan laut segar. Pertemuan tersebut telah dimanfaatkan untuk menjajaki mengenai potensi perluasan pasar dan produk Indonesia ke Inggris melalui pelabuhan perikanan Grimsby serta kemungkinan penguatan kerjasama di bidang administrasi pelabuhan, industri perikanan, dan teknologi pengolahan frozen food.

Kota Grimsby merupakan salah satu kota pelabuhan dan perikanan di Inggris dan merupakan potential market bagi Indonesia khususnya dalam mengembangkan kerjasama perdagangan, perikanan, dan supply produk ikan segar/beku. Inggris merupakan negara pengimpor hasil perikanan kelima terbesar di Uni Eropa. Hingga saat ini Islandia masih merupakan mitra utama Inggris dalam penyediaan produk ikan segar (15%), sedangkan Indonesia hanya mampu memasok kebutuhan ikan Inggris sebanyak 5000-7000 ton (3 %) per tahun. Sementara itu, kebutuhan Inggris akan ikan segar/beku tiap tahunnya meningkat. Inggris mengharapkan agar Indonesia dapat meningkatkan pasokan ikan ke Inggris.

Dalam sesi khusus pertemuan Duta Besar RI dengan kalangan pengusaha Grimsby, para pengusaha menyampaikan bahwa mereka telah menjalin hubungan kerjasama yang erat dengan mitranya di Indonesia dan mengharapkan agar KBRI London dapat memfasilitasi keinginan mereka untuk lebih mengembangkan hubungan kerjasama yang telah terjalin selama ini.

Kalangan pengusaha tersebut juga mengindikasikan mengenai minat mereka untuk menjalin kerjasama baru dengan mitranya di Indonesia. Untuk itu, mereka berharap pemerintah Indonesia melalui KBRi London dapat mendorong pengembangan kerjasama langsung antar pebisnis di kedua negara.