Partisipasi Dubes RI Pada Kongres Partai Liberal Demokrat dan Potensi Kerjasama Indonesia-Libdem Dalam Kerangka Penguatan Demokrasi di Kedua Negara

3/16/2011

 
PRESS RELEASE

Dubes RI London, Yuri O. Thamrin beserta pejabat KBRI London telah menghadiri Spring Conference of Liberal Democrats yang diselenggarakan pada tanggal 11 – 13 Maret 2011 di Sheffield.

Partisipasi Dubes RI beserta jajaran KBRI London pada kongres partai Liberal Demokrat tersebut sebagai suatu wujud partisipasi aktif dari KBRI London dalam mengamati secara langsung bagaimana proses demokrasi di Inggris berlangsung untuk dapat mengetahui dinamika politik Inggris melalui kebijakan partai terkait isu-isu penting yang menjadi perhatian utama pemerintah dan masyarakat Inggris saat ini dengan mengamati kebijakan partai Liberal Demokrat tersebut.

Pemerintah Inggris saat ini merupakan pemerintahan koalisi pertama semenjak 60 tahun. Pemerintahan koalisi antara Konservatif dan Liberal Demokrat tersebut merupakan konsekuensi dari hasil Pemilu pada bulan Mei 2010 lalu yang menghasilkan “hung Parliament” dimana tidak ada satu partai pun yang memperoleh suara mayoritas di Parlemen. Kondisi tersebut akhirnya menempatkan partai Liberal Demokrat, sebagai partai yang mengumpulkan kursi terbesar ketiga setelah Partai Konservatif dan Partai Buruh, pada posisi penentu (king maker) mengingat untuk mendapatkan suara mayoritas dan berhak untuk memegang kekuasaan pemerintahan di Inggris, maka partai-partai tersebut haruslah melakukan koalisi.

Sebagai partai yang juga memegang pemerintahan di Inggris, peranan partai Liberal Demokrat sangatlah berpengaruh dalam mewarnai dinamika politik serta kebijakan pemerintah Inggris saat ini.

Oleh karena itu, KBRI London senantiasa berpandangan bahwa sangat penting untuk mengembangkan jejaring, terutama dengan tokoh-tokoh penting partai Liberal Demokrat baik yang duduk di Parlemen Inggris maupun yang memegang jabatan penting di pemerintahan koalisi Inggris saat ini.

Berlandaskan pada dasar pemikiran tersebut, Dubes RI dan delegasi KBRI London juga telah melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh penting partai Liberal Demokrat yaitu: Lord Wallace of Saltaire, Government Whip di House of Lords yang juga bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja Foreign and Commonwealth Office (Kemlu Inggris), Ministry of Defence dan Departement for Education; dan Mr. Robert Woodthorpe Browne, Chairman of the International Relations Committee of Liberal Democrats.

Dalam pertemuan tersebut, selain menjelaskan secara singkat mengenai perkembangan kehidupan demokrasi di Indonesia Dubes RI juga menyampaikan keinginan KBRI London untuk menjalin kerjasama yang lebih erat lagi dengan partai Liberal Demokrat terutama dalam kerangka penguatan demokrasi di kedua negara.

Menanggapi keinginan tersebut, kedua tokoh partai Liberal Demokrat menyambut baik tawaran kerjasama dalam kerangka mempromosikan kehidupan demokrasi baik di Indonesia maupun di Inggris. Diakui pula oleh kedua tokoh partai Liberal Demokrat tersebut bahwa Indonesia yang berpenduduk mayoritas Muslim dan memiliki kehidupan demokrasi yang semakin maju merupakan partner strategis dalam upaya peningkatan kehidupan demokrasi dan juga aktif dalam menangani isu-isu global saat ini yang diantaranya adalah isu climate change.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Dubes RI dengan tokoh dari Partai Liberal Demokrat tersebut, KBRI London merencanakan untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam kerangka penguatan demokrasi di Indonesia dan Inggris berkerja sama dengan partai Liberal Demokrat yang rencananya akan diselenggarakan pada pertengahan tahun ini.

Di sela-sela menghadiri Spring Conference of Liberal Democrats tersebut, Dubes RI beserta Delegasi KBRI London juga berkesempatan untuk bertemu dan beramah tamah dengan Rt. Hon. Nick Clegg MP, Pemimpin Partai Liberal Demokrat dan menjabat sebagai Deputi Perdana Menteri pada pemerintahan koalisi Inggris.