PERINGATAN HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-68 LONDON, 17 AGUSTUS 2013

8/17/2013

?Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dalam rangka HUT RI ke-68 telah dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2013 tepat pukul 10.00  bertempat di halaman Wisma Nusantara, kediaman Dubes RI London.  Dalam upacara yang berlangsung tertib dan khidmat tersebut,  13 remaja Indonesia menjalankan tugasnya dengan apik sebagai Paskibra untuk  menaikkan bendera Merah Putih di hadapan sekitar 150 peserta upacara yang terdiri dari masyarakat Indonesia mulai dari Staf KBRI London, mahasiswa, tenaga kerja Indonesia, anggota Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (Periuk) serta tamu undangan lainnya.


Gema lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan oleh seluruh peserta upacara, turut mengiringi detik-detik penaikan bendera Merah Putih menuju puncak tiang, sehingga semakin menambah kekhidmatan jalannya upacara.  


Dubes RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan HUT RI tahun ini cukup istimewa karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Pada momentum yang bersejarah ini, Bpk. Dubes mengajak para hadirin untuk lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang untuk bangsa dan negara, serta lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.


Sejalan dengan Tema Peringatan HUT RI tahun ini Dubes RI memaparkan pentingnya upaya peningkatan perdagangan dan investasi antara RI-UK dan RI-Irlandia bagi peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia. Dubes RI juga kembali mengajak semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pemilu 2014 agar menjalankan tugas dan kewajibannya secara baik, transparan dan penuh tanggung jawab.


Setelah prosesi upacara, dilaksanakan pemotongan tumpeng dan penyerahan tumpeng secara simbolis oleh Bpk. Dubes RI kepada Bpk. Yusuf Pashim (sesepuh masyarakat Indonesia), Sdr. Muhammad Fazra (peserta termuda Paskibra), dan Gustika, selaku cucu langsung dari Proklamator kemerdekaan Indonesia, Muhammad Hatta).


Tidak seperti hari-hari sebelumnya, saat berlangsungnya upacara peringatan HUT RI ke -68 cuaca di London cukup cerah sehingga pelaksanaan upacara berjalan lancar sesuai rencana, dan masyarakat Indonesia yang hadir dengan khidmat  mengikuti seluruh rangkaian acara. Acara diakhiri dengan halal bihalal, panggung gembira, dan mencicipi jajanan pasar yang disediakan bagi para tamu. Acara panggung gembira secara istimewa telah dimeriahkan oleh sejumlah artis Ibukota, yakni biduanita Echa Paramita dengan MC Obie Asik.


 

KBRI LONDON, 17 AGUSTUS 2013?