KARYA SENI KONTEMPORER INDONESIA NAIK DAUN DI INGGRIS

10/17/2011

 
Masyarakat Inggris saat ini bisa menikmati karya seni kontemporer Indonesia karya seniman seni kontemporer Indonesia Heri Dono dalam pameran selama sebulan penuh di Rossi & Rossi Gallery, 16 Clifford Street, London W1S 3RG ini.

Herry Sudradjat, Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI London menyampaikan bahwa apresiasi terhadap karya seni kontemporer Indonesia saat ini semakin meningkat khususnya di Inggris. Menurut Herry Sudradjat, baru saja lewat pameran seni kontemporer Indonesian Eye: Fantasies and Realities yang digelar di Saatchi Gallery London (1 Sep – 9 Okt 2011), langsung disusul oleh pameran tunggal karya lukis Heri Dono, seniman kontemporer Indonesia di salah satu gallery terkenal di London.

Pembukaan pameran lukisan ini (private view) telah diadakan pada tanggal 13 Oktober 2011 dan dihadiri oleh pejabat KBRI London serta berbagai kalangan pecinta seni di Inggris. Heri Dono sendiri direncanakan untuk hadir dan memberikan seminar dan workshop pada awal bulan November 2011.

Pameran bertajuk Madman Butterfly tersebut menampilkan sebanyak 12 karya lukis Heri Dono yang terinspirasi oleh berbagai figur mitologi dan seni Indonesia seperti wayang dan kereta kencana serta dilukis dalam bentuk yang menyerupai karakter kartun modern. Kebanyakan karya lukis yang ditampilkan merefleksikan pemikiran dan pandangan pelukis atas dinamika sosial dan politik di Indonesia selama beberapa periode terakhir.

Heri Dono sendiri merupakan salah satu seniman kontemporer terkemuka Indonesia yang dimana karya seninya tidak hanya mencakup seni lukis, melainkan juga seni patung, karya instalasi dan teater. Karya Dono sudah sering ditampilkan di dalam berbagai pameran kelompok maupun tunggal di seluruh penjuru Indonesia.

Pameran Madman Butterfly merupakan pameran pertama Dono di Inggris sejak karya seninya ditampilkan di dalam Pameran Blooming in Arms di Museum of Modern Art, Oxford pada tahun 1996. Pameran ini akan berlangsung mulai dari tanggal 14 Oktober s.d. 24 November 2011.

Untuk informasi selanjutnya, silahkan menghubungi penlondon@gmail.com