Gubernur BI Paparkan Perkembangan Perekonomian Indonesia Kepada Masyarakat dan Mahasiswa Indonesia di Inggris

10/19/2011

 
Memanfaatkan selang waktu kunjungan kerja pertemuan G20 di Paris, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution beserta jajaran pejabat BI lainnya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke KBRI London dan berdiskusi bersama dengan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Inggris pada tanggal 17 Oktober 2011.

Sebelum acara diskusi dimulai, Darmin Nasution yang didampingi oleh Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono terlebih dahulu memberikan kuliah umum kepada hadirin mengenai perkembangan perekonomian Indonesia serta fungsi BI sebagai badan otoritas moneter Indonesia.

Dalam diskusi yang dibuka oleh Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI London Dwi K. I Miftach, Gubernur BI memberikan paparan umum mengenai kondisi ekonomi Indonesia, krisis ekonomi global serta dampaknya terhadap perekonomian dalam negeri.

Terkait hal ini, Gubernur BI menjelaskan bahwa krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat dan Eropa beberapa tahun belakangan ini diharapkan tidak akan mempengaruhi struktur dan perkembangan ekonomi di Tanah Air.

Saat ini kondisi ekonomi Indonesia secara umum masih sehat yang antara lain dapat dinilai dari rasio hutang negara yang hanya 26% dengan tren menurun serta dari nilai defisit APBN Indonesia yang tidak pernah melampaui 3%.

Usai kuliah umum dari Gubernur BI, Kepala Perwakilan BI London Dian Ediana Rae selaku moderator dalam acara ini memberikan kesempatan kepada para hadirin untuk mengajukan pertanyaan kepada Gubernur BI serta Deputi Gubernur BI.

Sesi tanya-jawab ini berlangsung dengan sangat interaktif dan dinamis, dimana para hadirin yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa Indonesia di Inggris memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajukan berbagai macam pertanyaan kepada Gubernur BI, baik dari masalah terkait perdagangan dan perekonomian Indonesia hingga isu-isu mengenai dinamika politik dalam negeri.

Acara diskusi yang berlangsung hangat dan penuh rasa kekeluargaan ini dihadiri sekitar 70 undangan dan ditutup dengan acara makan malam dan ramah-tamah antara Gubernur BI dengan seluruh peserta yang hadir.