Sambutan Duta Besar RI, Yuri Octavian Thamrin pada acara Peringatan HUT DWP ke-10 tahun 2009

12/31/2009

 

 

 

SAMBUTAN DUTA BESAR RI, YURI OCTAVIAN THAMRIN,
DALAM RANGKA
PERINGATAN ULANG TAHUN DHARMA WANITA PERSATUAN KE-10
LONDON, 30 DESEMBER 2009

 


Yang terhormat Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI London,
Yang terhormat Ibu-Ibu anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London,
Hadirin sekalian,


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua,


Pertama-tama perkenankan saya untuk menyampaikan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan taufik dan hidayah-Nya sehingga kita dapat bertemu kembali untuk merayakan ulang tahun Dharma Wanita Persatuan yang ke-10 di penghujung tahun 2009 ini.


Baru-baru ini kita telah merayakan Peringatan Hari Ibu ke-81 yang merefleksikan semangat dan komitmen kita semua, baik pemerintah maupun seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan serta mengarusutamakan kesetaraan gender dalam seluruh aspek kehidupan bangsa dan negara.


Peranan kaum wanita pada saat ini sudah sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari dimana saat ini perempuan telah dapat aktif dalam berbagai profesi seperti dokter, pengacara, insinyur, pengusaha, anggota parlemen, ilmuwan bahkan polisi dan militer. Di kalangan pemerintahan, kaum wanita telah bisa menduduki jabatan yang selama ini hanya bisa diduduki oleh kaum lelaki, seperti jabatan-jabatan bupati, walikota, gubernur, menteri dan bahkan Wakil Presiden dan Presiden.


Hal ini membuktikan bahwa kaum perempuan jika diberikan kesempatan, juga mampu berprestasi, dan memberikan konstribusi kepada bangsa dan negara, sebagaimana juga kaum lelaki.
Tidak dapat dipungkiri, semangat kesetaraan dan kontribusi kaum wanita amat sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini terutama dalam menghadapi berbagai tantangan global. Kaum perempuan Indonesia sebagai warga negara merupakan salah satu bagian komponen bangsa yang perlu diperhitungkan dalam membangun bangsa sesuai dengan kodrat dan kemampuannya ke depan.


Saudara-Saudari sekalian yang saya hormati,


Sebagai organisasi kemasyarakatan yang besar, Dharma Wanita Persatuan mempunyai pemikiran dan kinerja yang menunjukkan kiprah kaum perempuan pada umumnya dan anggota Dharma Wanita Persatuan pada khususnya.

DWP telah cukup terkenal dengan berbagai inisiatifnya dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.


DWP telah membantu program pemerintah melakukan Bantuan Pendidikan Murid yang kemudian juga dilanjutkan dengan dukungan bagi program Wajib Belajar. Kesadaran akan pentingnya dukungan bagi perekonomian keluarga telah membuat DWP membentuk Koperasi/Pra Koperasi pada semua tingkat kepengurusan Dharma Wanita Persatuan yang sangat bermanfaat untuk menolong para anggotanya ketika menghadapi masa-masa kelabu.


Dharma Wanita Persatuan juga turut ambil bagian untuk melakukan Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon yang dicanangkan oleh Ibu Negara, Ibu Ani Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 Desember 2007. Berjuta pohon ditanam oleh anggota DWP bersama enam organisasi perempuan di seluruh nusantara.


Pada kondisi mikro, terutama di KBRI London ini, dapat dikatakan bahwa kehidupan dan pekerjaan para staf dan personil KBRI London sangat dimudahkan dengan dukungan, dorongan dan peranan kaum wanita yang tergabung dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan KBRI London.


Berbagai kegiatan diplomasi dan sosial-kemasyarakatan yang telah dirancang dalam program kerja KBRI London tidak mungkin dapat dijalankan dengan baik, lancar dan sukses tanpa dukungan segenap komponen dan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London.


Untuk itu, ijinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas budi baik dan jasa Ibu-Ibu sekalian segenap anggota Dharma Wanita Persatuan atas semua sumbangsih yang telah diberikan dengan suka rela dalam mendukung kinerja KBRI London.


Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak sekalian yang saya hormati,


Sebagaimana saya katakan tadi, tantangan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara akan semakin berat dan bervariasi ke depannya, yang tentunya akan membutuhkan kontribusi dari seluruh elemen masyarakat termasuk para anggota Dharma Wanita Persatuan.


Untuk itu, saya merasa tema peringatan Ulang Tahun DWP ke-10 ini amat sesuai dalam menghadapi tuntutan jaman, yaitu ”Melalui HUT Ke-10, Kita Tingkatkan Potensi dari Kreativitas Anggota Dharma Wanita Persatuan”.


Peningkatan potensi dan kreativitas para anggota DWP tentunya akan semakin meningkatkan kinerja, baik secara mikro untuk tiap individu anggota organisasi DWP maupun para suami masing-masing, serta secara makro dalam meningkatkan kontribusi organisasi bagi kesuksesan pembangunan Indonesia kedepannya.


Selanjutnya, saya memandang kiranya kedepannya Dharma Wanita Persatuan harus berbasis pengetahuan yang akan sangat mempengaruhi pengambil keputusan, baik untuk dirinya maupun untuk keluarga masing-masing. Untuk itu, kesempatan keberadaan kita semua di London ini sebaiknya dipergunakan semaksimal mungkin dalam rangka meningkatkan kapasitas para anggota DWP KBRI London.


Sebagaimana diketahui, Inggris secara keseluruhan memiliki sistem pendidikan yang amat baik dimana terdapat berbagai kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjutan bagi para ibu-ibu sekalian. Tergantung selera masing-masing, terdapat kursus bahasa, berbagai keterampilan bahkan pendidikan graduate dan post-graduate.


Untuk itu, saya mendorong dan menganjurkan sekiranya ibu-ibu sekalian berkehendak untuk melanjutkan pendidikan baik ke jenjang yang lebih tinggi maupun sekiranya berkenan untuk mengambil kursus-kursus kejuruan yang akan meningkatkan wawasan dan kemampuan masing-masing. Hal ini bukan saja hanya akan berguna bagi ibu-ibu namun juga tentunya akan mendorong kinerja para suami serta bermanfaat untuk kehidupan keluarga.


Akhirulkata, ijinkan saya untuk mengucapkan dirgahayu Dharma Wanita Persatuan ke-10.


Terima kasih atas perhatian Ibu-Ibu, Bapak-Bapak dan hadirin semua!

 

London, 30 Desember 2009