Amanat Duta Besar RI selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2009

12/8/2009

 

Bismillahirrahmanirahim,
Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Ibu-ibu; Bapak-bapak;
Saudara-saudari yang saya hormati,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan lindunganNya, kita dapat berkumpul untuk memperingati Hari Pahlawan Tahun 2009.

Peringatan ini merupakan salah satu wujud penghargaan kita kepada para pahlawan/pejuang bangsa atas jasa dan pengorbanan mereka hingga terwujudnya negara Indonesia yang kita cintai. Hal ini sesuai dengan ungkapan yang menyatakan “ … hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar …”.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin sekalian,

Jika kita mengingat kembali sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, Hari Pahlawan ini didasarkan kepada Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa tersebut adalah suatu kejadian yang patut dikenang, karena pertempuran dahsyat yang bersejarah tersebut merupakan titik balik perjuangan bangsa Indonesia, dimana bangsa Indonesia bersatu padu bertekad untuk tidak lagi dijajah oleh bangsa asing manapun.

Oleh karenanya, semangat pantang menyerah dari pejuang kita tersebut, hendaknya diteladani, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta untuk mengatasi tantangan dan permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini.

Sebagai perwujudan dari rasa hormat dan penghargaan kita atas jasa dan pengorbanan para pahlawan tersebut, kita semua berkewajiban untuk selalu menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia yang telah dengan susah payah direbut dan dipertahankan oleh para pejuang kita dengan darah dan air mata.

Semangat para pejuang kita di masa kemerdekaan tersebut perlu terus kita kobarkan bersama melalui komitmen kita untuk selalu bekerja keras dalam mengisi kemerdekaan dan menjalankan roda pembangunan di Indonesia agar hasil pembangunan dan kesejahteraan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Dengan keteladanan semangat juang para pahlawan kita tersebut, kita akan terus maju dalam menghadapi dan mengatasi berbagai tantangan dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan Indonesia tersebut. Berbagai tantangan yang dihadapi sekarang dan di masa datang tidaklah mudah, seperti antara lain pemberantasan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kesejahteraan, perluasan pendidikan dan perbaikan kesehatan, penegakan hukum, pemberantasan korupsi dan penegakan pemerintahan yang bersih. Tantangan-tantangan tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mengatasinya.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin yang saya hormati,

Harus kita sadari bahwa kita sebagai suatu bangsa sudah banyak melangkah maju dalam menghadapi berbagai tantangan serta mencari pemecahan terhadap berbagai permasalahan yang kita hadapi. Perjuangan reformasi bangsa Indonesia selama kurang lebih satu dasawarsa telah menjadikan Indonesia sebagai negara demokrasi yang stabil; dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang solid; memiliki kepemimpinan nasional yang kompeten dan legitimate; dan memiliki catatan keberhasilan dalam mengatasi ancaman terorisme.

Segala keberhasilan tersebut tentunya harus kita syukuri bersama. Namun demikian, kiranya segala keberhasilan tersebut tidak membuat kita terlena dan cepat berpuas diri. Selain itu, harus pula kita sadari bahwa perjalanan kita bersama sebagai bangsa tidak akan pernah berakhir, dimana berbagai perubahan jaman akan membawa tantangan baru yang harus kita hadapi.

Untuk itu, kiranya sangat tepatlah tema Hari Pahlawan 2009 ini yang berbunyi “Dengan semangat dan Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kita Perkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Melalui momentum tersebut, marilah kita saling bahu membahu memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bumi pertiwi yang kita cintai ini.

Sebagai pegawai negeri yang melayani kepentingan rakyat Indonesia di Inggris Raya ini, sudah patutlah jika kita di KBRI London selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik, cepat dan mudah bagi masyarakat serta tidak melakukan perbuatan yang mengarah pada tindakan-tindakan yang dapat merugikan kepentingan bangsa dan negara.

Selanjutnya kita hendaknya juga berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing, baik dalam urusan kedinasan maupun dalam kehidupan pribadi kita, dengan dilandasi semangat nilai juang kepahlawanan yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Para hadirin yang saya hormati,

Saya berharap, melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2009 ini dan dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa, kita semua, bangsa Indonesia dapat memantapkan wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat dan mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi perjuangan bangsa Indonesia dan membimbing kita untuk terus memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wassalamualaikum warahhmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera dan terima kasih atas perhatian hadirin semua.

London, 10 November 2009
Duta Besar Republik Indonesia
YURI O. THAMRIN