Parlemen Inggris Raya

1/5/2010

 
Parlemen Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (atau Imperial Parlemen, Parlemen Inggris atau Parlemen di Westminster) adalah badan legislatif tertinggi di Inggris Raya dan wilayah di luar kepulauan Britania. Parlemen sendiri memiliki kedaulatan parlemen dan dengan demikian kekuasaan tertinggi atas semua badan politik lainnya di Inggris Raya. Parlemen dikepalai oleh Raja/Ratu, dimana saat ini Ratu Elizabeth II.

Parlemen Inggris Raya bersifat bikameral, dengan majelis tinggi, House of Lords, dan majelis rendah, House of Commons. Ratu adalah bagian ketiga dari legislatif. The House of Lords mencakup dua jenis anggota: Lords Spiritual (uskup senior Gereja Inggris) dan Lords Temporal (anggota Peerage) yang anggota-anggotanya tidak dipilih oleh penduduk pada umumnya, tetapi ditunjuk oleh Kepala Negara atas nasehat Perdana Menteri. Sebelum pembukaan Mahkamah Agung pada Oktober 2009 House of Lords juga melakukan peran peradilan melalui UU Lords. House of Commons beranggotakan wakil yang dipilih secara demokratis dalam pemilihan yang diselenggarakan sekurang-kurangnya setiap 5 tahun. Kedua majelis bertemu di ruang terpisah di Istana Westminster (umumnya dikenal sebagai "Gedung Parlemen"), di Kota Westminster di London. Oleh konstitusional konvensi, semua menteri pemerintah, termasuk Perdana Menteri, adalah anggota House of Commons atau, beberapa diantaranya anggota House of Lords, dan dengan demikian bertanggung jawab kepada masing-masing cabang-cabang legislatif.

Parlemen Britania Raya dibentuk pada tahun 1707 setelah ratifikasi Perjanjian Uni oleh Parlemen-Parlemen Inggris dan Skotlandia melalui Acts of Union. Namun, dalam prakteknya, parlemen merupakan kelanjutan dari parlemen Inggris dengan penambahan anggota parlemen Skotlandia dan peers (golongan bangsawan). Keanggotaan Parlemen semakin diperbesar melalui ratifikasi oleh Parlemen Britania Raya dan Parlemen Irlandia UU Union (1800), yang menghapuskan Parlemen Irlandia; 100 anggota parlemen Irlandia ini ditambahkan anggota lain dalam House of Commons dan 32 bangsawan untuk menciptakan Parlemen dari Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia.

Parlemen Inggris sendiri berkembang sejak awal abad pertengahan yang berasal dari dewan yang menasehati penguasa Inggris. Inggris telah disebut "ibu dari parlemen", lembaga-lembaga demokrasi nya telah menjadi standar bagi banyak negara demokrasi di seluruh dunia, dan Parlemen Inggris Raya parlemen adalah badan legislatif Anglophone terbesar di dunia.

Secara teori, kekuasaan legislatif tertinggi berada di tangan Raja/Ratu di Parlemen; namun dalam praktek di jaman modern, kekuasaan sesungguhnya berada di House of Commons, dimana Raja/Ratu umumnya bertindak atas saran Perdana Menteri dan kekuasaan para bangsawan di House of Lords telah berkurang.

Diterjemahkan dari berbagai sumber.