Workshop Batik Portugal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka terus mendorong promosi batik Indonesia di Portugal, pada tanggal 22 dan 29 Mei 2010, bertempat di Museum Ethnologi Nasional Portugal di Lisabon, KBRI Lisabon bekerjasama dengan salah satu mantan peserta Darmasiswa, Sdri. Leonor Veiga dan didukung oleh Museum Ethnologi Nasional Portugal telah mengadakan Workshop mengenai batik Indonesia
Workshop batik tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu workshop untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun yang dilaksanakan melalui pengenalan corak batik dan praktek membuat batik teknik pelangi (mencelupkan bahan polos yang diikat kedalam cairan warna dan dijemur). Proses pengenalan dan pembuatan batik tersebut cukup menarik karena dilakukan bersama keluarga dengan suasana rileks. Diakhir acara anak-anak Portugis menggunakan batik hasil buatan mereka sendiri. Sebanyak 45 anak-anak Portugis berkumpul di taman dan mendengarkan penjelasan sederhana mengenai batik Indonesia yang mereka pakai.    
Tahap kedua adalah workshop batik untuk dewasa, dalam tahap ini dijelaskan tentang batik dan budaya Indonesia yang mempengaruhi corak batiknya, dilanjutkan dengan teori pembuatan batik dan selanjutnya adalah proses membuat batik (chanting) yang dilakukan oleh masing-masing peserta. Workshop dihadiri oleh 20 (dua puluh) peserta dari berbagai kalangan masyarakat Portugal yang tertarik untuk mengatahui lebih jauh mengenai pembuatan batik Indonesia.
Dalam kegiatan workshop tersebut sdri. Leonor Veiga dapat menjelaskan dengan baik berbagai jenis batik Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki ciri khas dan pengaruh budaya daerahnya masing-masing. Para peserta cukup antusias mengikuti acara workshop terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan mengenai batik Indonesia.
Workshop batik ini merupakan bagian dari upaya KBRI Lisabon dalam rangka memperat tali persahabatan antar masyarakat yang pada akhirnya dapat memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Lisabon, Juni 2010