Promosi wisata dan Peluncuran Buku Perjalanan ke Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 21 Mei 2011, KBRI Lisabon dan Goncalo Cadilhe (penulis wisata terkenal) telah meluncurkan sejumlah buku perjalanannya ke berbagai negara terutama ke Indonesia. Goncalo cadilhe merupakan salah satu penulis perjalanan yang difasilitasi KBRI Lisabon untuk menulis tentang perjalanan Wisata Indonesia beberapa waktu lalu. Hasil liputannya telah dimuat di berbagai majalah wisata terkenal di Portugal dan disiarkan di TV RTP Portugal.
 
Peluncuran buku tersebut dilakukan di toko buku FNAC salah satu toko buku terbesar di pusat kota Lisabon. Kehadiran Goncalo Cadilhe cukup mendapat perhatian para pengunjung, peluncuran tersebut dihadiri lebih dari 200 orang pengunjung yang memadati ruang Cafe toko buku itu.
 
Dalam kesempatan tersebut Goncalo Cadilhe selama kurang lebih 45 menit menceritakan berbagai pengalaman menarik selama berada di Indonesia yaitu antara lain mengenai keanekaragaman kehidupan sosial budaya di berbagai daerah di Indonesia dan hasil kerajinan tangan masyarakat daerah di Jawa dan Sumatra seperti wayang, kerajinan kulit, kayu dan lain sebagainya sambil menampilkan slide foto-foto daerah berbagai tujuan wisata di Indonesia.
 
Pada kesempatan tersebut, pejabat KBRI telah menjelaskan mengenai Indonesia secara umum dan khususnya berbagai daerah tujuan wisata di Indonesia dan membagikan brosur tentang Indonesia. Pada saat acara berlangsung, Para pengunjung tampak sangat antusias, cukup banyak pertanyaan yang diajukan pengunjung mengenai berbagai obyek wisata di Indonesia.
 
Strategi promosi wisata Indonesia bekerjasama dengan publik figure dan mengambil lokasi di keramaian mall, tampaknya cukup berhasil mencuri perhatian masyarakat untuk memberikan waktunya mendengarkan penjelasan mengenai tujuan wisata di Indonesia.