Kongres Diaspora Indonesia III

PENGUMUMAN
No. 021/SRT/Protokons/VIII/2015
 
 
 
Kepada Yth.
WNI di Portugal
 
 
 
            Diberitahukan kepada seluruh WNI di Portugal bahwa Indonesia Diaspora Network (IDN) akan menyelenggarakan Kongres Diaspora III di Jakarta pada tanggal 12 – 14 Agustus 2015, bertempat di Bidakara Convention Center dan SMESCO Convention Center. Adapun tema KDI III tahun 2015 adalah : “Diaspora Bakti Bangsa”.
 
            KDI III akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, dan melibatkan partisipasi dari Kementerian/Instansi terkait antara lain : Kementerian Luar Negeri c.q. Desk Diaspora Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pekerjaan Umum, Sekretariat Negara, Kepolisian RI, Pemprov DKI Jakarta, TNI AL, BNI 46, IAIN, dll.
 
            Kegiatan KDI III tersebut akan diisi oleh Plenary Session, break out session, berupa talk show, sesi task force, inspiration talk dan Youth Program yang berlangsung secara parallel. Isu-isu yang dibahas, terkait dengan sumbangan yang dapat diberikan Diaspora dalam pembangunan Indonesia, diantaranya BUMN, ekonomi kreatif, energi, tata kota, kedokteran, maritim dan perikanan, penerbangan, perdagangan dan investasi, visa, kesempatan kerja, beasiswa, kuliner dan sebagainya.
 
            Program side events KDI III akan terdiri dari beberapa kegiatan outreach ke beberapa wilayah, antara lain :
 
·      Diaspora Cinta Bahari (bekerjasama dengan TNI AL, berlayar dengan kapal TNI sambal berdiskusi tentang kemaritiman)
 
·      Diaspora Bangun Desa (kerja sosial di desa wilayah Jawa Barat atau Banten)
 
·      Diaspora Aksi Filantrofi (kegiatan filantrofi di Purwakarta)
·      Diaspora Bakti Sosial (bakti sosial bekerjasama dengan Panti Asuhan dan Sekolah Gapura Merah Putih)
 
·      Diaspora Kampung Vertikal & Street Food (melihat inisiatif Pemprov DKI hasil sinergi dengan diaspora Indonesia)
 
·      Diaspora Goes to Bandung (kunjungan ke Bandung melihat inovasi Pemerintah Daerah)
           
            Sehubungan dengan itu, KBRI Lisabon menghibau bagi WNI di Portugal untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tiket pesawat., akomodasi dan logistic menjadi tanggungan peserta masing-masing. Bagi mereka yang berminat untuk berpartisipasi, kiranya dapat mendaftar melalui KBRI Lisabon.
 
            Demikian, atas perhatian, kerjasama dan maklumnya, disampaikan terima kasih.
 
 
                                                                                
     Lisabon,  Juli 2015
 
 
 
Arie Poluzzi
Sekretaris II / PF Protokol dan Konsuler