KERJASAMA PENDIDIKAN DAN RISET ANTARA UI DAN U MINHO PORTUGAL

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 2 November 2011, bertempat di Rektorat Universitas Minho, Braga, Portugal, telah dilakukan penandatanganan MOU Kerjasama Pendidikan dan Riset antara Universitas Minho (U Minho) dengan Universitas Indonesia (UI). Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor U Minho, Prof. Dr. Antonio M. Cunha, Dekan Fakultas Teknik UI (FTUI), Prof. Dr. Bambang Sugiarto yang mewakili Rektor UI, Ketua Jurusan Teknik Sipil UI, Prof. Dr. Irwan Katili, dan Sekretaris Dekan FTUI, Prof. Dr. Sigit Hadiwardoyo. Acara penandatanganan MOU turut disaksikan oleh Dubes RI Lisbon dan Pejabat Pensosbud KBRI Lisbon.
 
MOU Kerjasama Pendidikan dan Riset antara UI dan U Minho yang ditandatangani secara terpisah oleh Rektor U Minho dan Rektor UI ini mencakup kerjasama di bidang: double- degree bagi program doktoral teknik; pertukaran mahasiswa, dosen, dan peneliti, joint research dan penulisan ilmiah dalam jurnal internasional; pengembangan kajian dan materi ilmiah dan teknik; serta joint conference dan workshop di Indonesia dan Portugal. Kerjasama dimaksud telah dirintis oleh KBRI Lisbon melalui pendekatan yang intensif sejak awal bulan Juli 2011 dengan pihak U Minho dan UI, Tanggapan yang positif serta keseriusan pihak U Minho untuk menjalin kerjasama nampak dan kunjungan Rektor U Minho ke UI untuk bertemu dengan mitranya Rektor UI, Prof. Gumilar Rusliwa Somantri pada tanggal 25 Juli 2011. Setelah pertemuan tersebut, proses kerjasama bergulir dengan cepat dan dituangkan ke dalam MOU.
 
Sebagai informasi disampaikan bahwa U Minho merupakan salah satu universitas negeri terbesar di Portugal yang didirikan pada tahun 1973 dan memiliki 2 kampus di kota Braga serta Guimäraes. Kerjasama pendidikan dengan universitas di Indonesia telah dilakukan sebelumnya oleh U Minho melalui program beasiswa Erasmus Mundus. Jumlah mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di U Minho mencapai 19 orang (9 orang untuk program undergraduate, 7 orang program magister engingeering dan 3 orang program doktoral). Sementara itu, terdapat 2 orang mahasiswa U Minho yang sedang kuliah di Fakultas Psikologi UGM. U Minho juga telah mengirim 1 orang dosen untuk melakukan joint research mengenai kajian new energy di UGM, serta 1 orang staf untuk kajian administrasi engineering.
 
Mahasiswa Indonesia di U Minho tercatat memiliki prestasi akademis yang baik serta kreatif dalam mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler (pagelaran budaya serta promosi Indonesia). Pujian dari supervisor program beasiswa Erasmus Mundus turut mengharumkan nama Indonesia dan universitas setempat. OIeh karena itu, keterlibatan mahasiswa Indonesia di Portugal dalam kerjasama akademis antar universitas di Indonesia dan Portugal dinilai sangat berarti dan akan terus didorong oleh KBRI Lisbon, melalui program pembinaan mahasiswa dan jalinan komunikasi yang erat antara KBRI dengan PPI Portugal. Selain itu, dalam beberapa waktu ke depan Indonesia dan Portugal berupaya merampungkan draft Agreement on Education, Science, Culture, Tourism, Youth, Sport and Mass Media antara RI dan Portugal sebagai payung hukum kerjasama sosial budaya kedua negara yang bersahabat baik.