LAYANAN KEKONSULERAN

12/29/2011

 
I. Pendaftaran Diri
 
Pendaftaran diri adalah proses pendaftaran Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru tiba di Portugal di KBRI Lisabon.
 
Pendaftaran diri ini dimaksudkan untuk mendata keberadaan WNI di Portugal, sehingga apabila di kemudian hari ada keperluan tertentu, KBRI dapat segera menanganinya. Keperluan tersebut contohnya:
 
1. Kesulitan yang dihadapi oleh WNI.
 
2. Pemilihan Umum.
 
3. Proses evakuasi.
 
4. dan lain-lain.
 
Prosedur Pendaftaran Diri
 
1. Mengisi formulir Pendaftaran Diri secara lengkap dan jelas dengan huruf cetak (formulir dapat di-download di website ini, Formulir FK-01)
 
2. Melampirkan pas poto ukuran 4x6
 
3. Waktu proses 3 hari kerja
 
4. Tidak dipungut biaya (gratis)
 

 
II. Surat Perjalanan RI
 
1. Paspor Dinas
 
Paspor Dinas adalah paspor yang diberikan kepada Pegawai Negeri, Pejabat Negara tertentu, atau Warga Negara Indonesia tertentu yang melaksanakan tugas Pemerintah Republik Indonesia dan tidak bersifat diplomatik.
 
Masa berlaku paspor dinas biasanya sesuai dengan masa tugas yang diemban oleh pemegang paspor, namun tidak melebihi lima tahun sejak tanggal dikeluarkan. Masa berlaku paspor dinas yang belum mencapai lima tahun dapat diperpanjang.
 
Prosedur Perpanjangan Paspor Dinas
 
a. Telah melakukan lapor diri
 
b. Mengisi formulir perpanjangan paspor dinas secara lengkap dan jelas dengan huruf cetak.(Formulir FK-02)
 
c. Menyertakan paspor dinas yang akan diperpanjang
 
d. Menyertakan fotokopi SK penugasan dari instansi induk masing-masing
 
e. Menyertakan surat keterangan dari instansi penugasan di Portugal (ex. Kantor pemerintahan atau Universitas.
 
f. Menyertakan amplop pengiriman kembali dengan mencantumkan alamat pemohon secara lengkap, bagi pemohon yang ingin mengirimkan formulir melalui jasa pos tercatat.
 
g. Waktu proses 3 (tiga) hari kerja
 
h. Tidak dipungut biaya (gratis)
 
Catatan :
 
a. Perpanjangan paspor dinas diharapkan dilakukan 6 (enam) bulan, sebelum masa berlaku paspor berakhir.
 
b. Perpanjangan masa berlaku paspor paling lama 2 (dua) tahun
 
2. Paspor Biasa
 
Paspor Biasa adalah Surat Perjalanan Republik Indonesia yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan melakukan perjalanan ke luar atau masuk wilayah Negara Republik Indonesia.
 
Paspor Biasa diberikan berdasarkan permintaan yang diajukan pemohon kepada:
 
a. Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk, bagi WNI yang bertempat tinggal atau berada di wilayah Negara Republik Indonesia;
 
b. Kepala Perwakilan Republik Indonesia atau Pejabat Imigrasi atau Pejabat Dinas Luar Negeri pada Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang ditunjuk Menteri Luar Negeri, bagi WNI yang bertempat tinggal atau berada di luar wilayah Negara Republik Indonesia.
 
Masa berlaku Paspor Biasa paling lama lima tahun sejak tanggal dikeluarkan. Apabila masa berlaku paspor tersebut habis, WNI dapat mengajukan permintaan pembuatan paspor baru di kantor Imigrasi atau Perwakilan RI.
 
Penggantian Paspor
 
Penggantian paspor diajukan, jika paspor yang dipegang oleh WNI:
 
a. Habis masa berlakunya
 
b. Halamannya telah penuh
 
c. Hilang
 
d. Rusak
 
Paspor biasa yang telah habis masa berlakunya, halamannya sudah penuh, atau rusak harus diganti dengan paspor baru.
 
Melalui penggantian ini, pemohon akan diberikan paspor baru ( dengan nomor paspor baru) dengan masa berlaku s lima tahun. KBRI tidak memberikan layanan perpanjangan bagi pemegang paspor biasa.
 
Untuk mengganti paspor biasa yang hilang, harus dilengkapi dengan surat keterangan kehilangan paspor dari Kepolisian setempat. KBRI Lisabon berhak memutuskan untuk tidak menerbitkan paspor baru atas permohonan penggantian paspor yang hilang dan menggantinya dengan Surat Perjalanan Laksana Paspor.
 
Pelayanan Paspor Biasa
 
KBRI Lisabon menyediakan pelayanan kekonsuleran berikut yang berkaitan dengan Paspor Biasa:
 
a. Permohonan Paspor Baru
 
b. Penggantian Paspor
 

 
Prosedur Permohonan Paspor Baru
 
a. Telah melakukan lapor diri.
 
b. Mengisi formulir Perdim 14 (formulir hijau) secara lengkap dan jelas dengan huruf cetak
 
c. Menyertakan dokumen-dokumen berikut ini :
 
• Akte kelahiran/surat kenal lahir/surat ganti nama
 
• Surat Nikah orang tua jika pemohon masih dibawah umur (dibawah 17 tahun)
 
• Surat keterangan / pernyataan tidak memiliki paspor asing
 
• Kartu ijin tinggal di Portugal
 
d. Menyertakan 2 lembar pas photo ukuran 4x6 dengan latar belakang terang/putih
 
e. Waktu proses 3 (tiga) hari kerja
 
f. Biaya € 30 (tiga puluh euro)
 

 
Prosedur Penggantian Paspor Baru
 
a. Telah melakukan lapor diri
 
b. Mengisi formulir Perdim 14 (formulir hijau) secara lengkap dan jelas dengan huruf cetak
 
c. Menyertakan Paspor lama menyertakan dokumen-dokumen berikut :
 
a. Akte kelahiran/surat kenal lahir/surat ganti nama bagi pemohon yang belum pernah mendaftarkan diri ke perwakilan Indonesia di Portugal
 
b. Surat Keterangan dari Instansi tempat bekerja atau bersekolah di Portugal
 
c. Kartu ijin tinggal di Portugal
 
d. Menyertakan 2 lembar pas poto ukuran 4x6 dengan latar belakan terang
 
e. Lama proses pengerjaan 3 (tiga) hari kerja
 
f. Biaya € 30 (tiga puluh euro)
 
3. Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP)
 
Dalam keadaan tertentu, kepada Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang berada di wilayah maupun di luar wilayah Negara Republik Indonesia dapat diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk WNI sebagai pengganti Paspor Biasa.
 
Yang dimaksud dengan keadaan tertentu di atas antara lain:
 
a. Jika berada di wilayah Negara Republik Indonesia:
 
• apabila kehabisan persediaan blangko Paspor Biasa;
 
• dalam keadaan mendesak, misalnya sakit; atau
 
• sebagai realisasi perjanjian khusus Indonesia dengan negara tetangga.
 
b. Jika berada di luar wilayah Negara Republik Indonesia:
 
• untuk pemulangan ke Indonesia;
 
• apabila kehabisan persediaan blangko Paspor Biasa; atau
 
• apabila kehilangan paspor biasa.
 
Permintaan SPLP untuk WNI bisa diajukan kepada:
 
a. Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk, bagi WNI yang bertempat tinggal atau berada di wilayah Negara Republik Indonesia;
 
b. Kepala Perwakilan Republik Indonesia atau Pejabat Imigrasi atau Pejabat Dinas Luar Negeri pada Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang ditunjuk Menteri Luar Negeri, bagi WNI yang bertempat tinggal atau berada di luar wilayah Negara Republik Indonesia.
 
SPLP untuk WNI berlaku untuk perjalanan ke luar atau masuk wilayah Negara Republik Indonesia dan berlaku paling lama tiga bulan.
 
Prosedur Permohonan SPLP
 
c. Telah melakukan lapor diri
 
d. Mengisi formulir Perdim 14 (formulir hijau) secara lengkap dan jelas dengan huruf cetak
 
e. Menyertakan Paspor lama
 
f. Menyertakan Surat Keterangan kehilangan dari kepolisian setempat (bagi paspor yang hilang)
 
g. Menyertakan 2 lembar pas photo berwarna, ukuran 4x6, dengan latar belakang terang/putih
 
h. Waktu proses, bisa ditunggu
 
i. Biaya € 15 (lima belas euro)
 
III. Legalisasi Dokumen
 
Pelayanan legalisasi dokumen adalah proses legalisasi terjemahan dokumen-dokumen (SIM, KTP, Akta Kelahiran, Akta Nikah, Ijazah, dan lain-lain) dari aslinya berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris, dan legalisasi dokumen-dokumen berbahasa Indonesia yang akan digunakan di Indonesia seperti Surat Kuasa.
 
Legalisasi terjemahan dibutuhkan karena pada umumnya institusi di Portugal meminta dokumen yang aslinya berbahasa Indonesia untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Portugis/Inggris, sedangkan legalisasi dokumen untuk keperluan di Indonesia dibutuhkan untuk memperkuat keabsahan dokumen tersebut.
 
Catatan :
 
1. Untuk dokumen Indonesia yang akan digunakan di Portugal harus terlebih dahulu mendapat legalisasi dari Direktorat Konsuler, Kementerian Luar Negeri RI, di Jakarta.
 
2. Jika terjemahan dokumen bukan dilakukan oleh penterjemah resmi, harap pada bagian atas ditulis/diketik: UNOFFICIAL TRANSLATION.
 
3. Terjemahan dokumen harus sesuai dengan aslinya (tidak boleh diubah, ditambahi atau dikurangi).
 
4. Perwakilan Indonesia di Portugal tidak menyediakan jasa menerjemahkan dokumen.
 
Prosedur Legalisasi Dokumen
 
1. Mengajukan permohonan tertulis dengan menjelaskan tentang maksud dan tujuan permintaan Legalisasi Dokumen/Terjemahan Dokumen tersebut dengan menyertakan sekurang-kurangnya nama, alamat, dan identitas pengenal pemonhon di Portugal.
 
2. Menyertakan naskah asli.
 
3. Menyertakan terjemahan dari naskah asli.
 
4. Menyertakan amplop beralamat pemohon untuk mengirimkan kembali hasil legalisasi ingin dikirim melalui pos tercatat. Biaya pengiriman menjadi beban pemohon.
 
5. Waktu proses 3 (tiga) hari kerja
 
6. Biaya € 20 (dua puluh euro) per dokumen
 
IV. Surat Keterangan
 
Prosedur Permintaan Surat Keterangan
 
1. Telah melakukan lapor diri.
 
2. Mengajukan permohonan tertulis dengan menjelaskan maksud dan tujuan permohonan Surat Keterangan tersebut
 
3. Waktu proses 3 (tiga) hari
 
4. Biaya € 20 (dua puluh euro) per dokumen
 
Catatan :
 
KBRI Lisabon berhak menolak penerbitan Surat Keterangan yang diminta oleh pemohon, apabila Surat Keterangan yang diminta dinilai melampaui kewenangan KBRI Lisabon.
 
V. Kewarganegaraan
 
Prosedur Memperoleh dan Mendaftarkan Kewarganegaraan Indonesia serta Pemberian Fasilitas Keimigrasian: Bagi Anak dari Hasil Perkawinan Campuran WNI dan WNA.
 
1. Anak Yang Lahir Pada Atau Sesudah tanggal 1 Agustus 2006
 
Anak yang lahir pada atau sesudah tanggal 1 Agustus 2006 secara otomatis menjadi warga negara Indonesia dan berhak memegang paspor RI. Namun demikian, secara keimigrasian anak tersebut tetap harus didaftarkan di Kantor Imigrasi atau Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.
 
Tata Cara Pendaftaran:
 
a. Permohonan pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Perwakilan RI yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal anak.
 
b. Mengisi formulir yang telah disediakan di Kantor Perwakilan RI serta harus membawa:
 
• Fotokopi kutipan Akte Kelahiran anak beserta aslinya.
 
• Fotokopi Akte Perkawinan/Buku Nikah orang tua beserta aslinya.
 
• Fotokopi Paspor Asing anak (jika sudah punya paspor asing) beserta aslinya.
 
• Pas photo anak terbaru, berwarna, berukuran 4x6 cm, sebanyak 4 lembar.
 
c. Menyerahkan berkas pendaftaran kepada Petugas Imigrasi.
 
d. Jika berkas pendaftaran dinyatakan lengkap, Petugas Imigrasi akan menyelesaikan pendaftaran dan sebagai bukti bahwa pendaftaran telah dilakukan, maka Perwakilan RI akan:
 
• Menerbitkan Paspor RI anak (penerbitan Paspor RI dikenakan biaya € 30)
 
• Menerakan cap pada halaman pengesahan/endorsement pada Paspor RI.
 
• Memberikan keterangan secara affidavit untuk mendapatkan fasilitas keimigrasian Paspor Asing anak.
 
2. Fasilitas Keimigrasian Bagi Anak Hasil Perkawinan Campuran
 
a. Bagi anak yang hanya memegang paspor asing pada saat masuk Indonesia dibebaskan dari kewajiban memiliki visa, izin keimigrasian dan izin masuk kembali.
 
b. Namun bagi anak yang mempunyai paspor RI dan paspor asing, apabila melalukan perjalanan keluar/masuk wilayah Indonesia wajib dan menentukan dan menggunakan satu paspor secara konsisten.