Menu Andalan Nusantara Mengisi TV Portugal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Menu andalan Nusantara seperti gado-gado Betawi, bakwan, rendang, udang balado, kue wingko,  es campur dan tidak ketinggalan kerupuk mengisi program budaya berjudul Etnias di saluran tv swasta besar Portugal, SIC TV. Acara yang dipandu presenter terkenal, Lilian Campos, dilakukan proses rekamannya pada tanggal 19 Desember 2013 itu dengan mengangkat tema khusus dari Indonesia.

Selain, bertanya tentang nama makanan yang disajikan, daerah asalnya, serta bumbu racikan, Lilian menggali banyak tentang Indonesia dari dua orang diaspora WNI yang tampil saat itu, yakni Harjanti Maria Manuel Bandeira, seorang sekretaris, dan Rici Amelia Quino, ibu rumah tangga yang menikah dengan warga Portugis.

Beragam hal dikupas mulai dari kebiasaan masyarakat Indonesia memasak, hingga obyek wisata terkenal di Nusantara, batik Indonesia yang terkenal dan kerukunan umat beragamanya.  Lilian yang kebetulan pernah dua kali berkunjung ke Bali, menyatakan kagum atas kecantikan Pulau Dewata   dan selalu ingin kembali. Ia juga mengaku penyuka es campur ala Indonesia, yang mudah dibuat dan bahannya banyak dijual di Lisbon.

Sambil berbicara mengenai kulinari Indonesia, Lilian Campos mencoba mengenakan selendang batik yang dibawa Rici, seperti ibu-ibu di Indonesia memakai kerudung.  Menurutnya, kekayaan budaya Indonesia sangat luar biasa dan seperti bangsa Portugis, masyarakat Indonesia sangat mencintai bahari. Ini kata Lilian merupakan aset yang luar biasa dan dapat mendekatkan generasi muda Portugis-Indonesia.

Program Etnias merupakan program khusus SIC TV yang menayangkan keragaman budaya dari berbagai negara. Dalam 2 tahun terakhir ini sudah beberapa kali Indonesia diminta tampil, di antaranya tentang tari tradisional Yapong dan info kuliner. Yang mengesankan dari program ini adalah KBRI ataupun masyarakat Indonesia dapat sekaligus mempopulerkan agenda budaya di Portugal, promosi beasiswa Darmasiswa ataupun pameran tentang Indonesia kepada pemirsa SIC TV, yang jumlahnya lebih dari 5 juta pemirsa. Program promosi kuliner Indonesia di SIC TV tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ibu Indonesia ke-85 tahun 2013 (KBRI Lisbon).