Semarak Peringatan HUT RI ke-66 di Lima

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Seperti dirasakan oleh warga negara Indonesia di tanah air, kegembiraan memperingati HUT RI ke-66 juga dirasakan oleh warga negara Indonesia yang tinggal di Lima, Perú.

 

Di tengah musim dingin, para warga negara Indonesia tetap mengikuti upacara penaikan bendera yang dilaksanakan di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Lima. Pada upacara tersebut, juga hadir sekitar 30 anak buah kapal Indonesia yang bekerja di kapal-kapal asing yang sedang bersandar di pelabuhan Callao, Lima.

 

Dalam sambutannya, Dubes Yosef Berty Fernandez menyampaikan bahwa peringatan HUT RI ke-66 merupakan momentum untuk memperbaharui rasa nasionalisme dan menumbuhkan semangat untuk tetap mendukung pembangunan.

 

Disampaikan pula bahwa HUT RI yang ke-66 merupakan suatu capaian dari berbagai proses bernegara dengan segala dinamika dan tantangannya yang menyentuh berbagai sektor, seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya. Dalam sektor politik, Indonesia telah melewati proses transformasi politik dan sosial yang menempatkan Indonesia sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia. Dalam bidang ekonomi, Indonesia tengah berada dalam kondisi perekonomian yang semakin membaik.

 

Pada malam harinya, telah dilaksanakan acara cocktail di Wisma Duta yang dihadiri sekitar 300 undangan. Didampingi oleh tamu kehormatan Duta Besar Luzmila Sanabria, Direktur Jenderal Multilateral, Kementerian Luar Negeri Perú, Duta Besar Berty Fernandez mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan yang telah menyempatkan hadir untuk berbagi kegembiraan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-66.

 

Sebagai bagian dari upaya promosi budaya, tim angklung KBRI Lima menyuguhkan permainan angklung lagu-lagu khas Andina, yakni El Condor Pasa, Cielito Lindo dan O Sole Mio. Pertunjukan angklung tesebut semakin memeriahkan suasana perayaan HUT RI ke-66 di Lima.

 

Selain promosi budaya pada acara cocktail tersebut, KBRI Lima juga telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk melakukan serangkaian acara promosi budaya dan seni Indonesia sepanjang bulan Agustus, yakni pemutaran siaran pesan kemerdekaan dari Duta Besar RI dan pemutaran program musik tradisional di Radio Filarmonia, 102.7 FM pada tanggal 17 Agustus 2011, pemutaran video tentang Indonesia, pertunjukan tari dan angklung di Universitas Ricardo Palma, 9 Agustus 2011, pelaksanaan seminar bertemakan Indonesia y Perú: Extendiendo puentes sobre dos Naciones a través de la Cultura, di Universitas Inca Garcilaso de la Vega, 22 Agustus 2011, dan partisipasi tim tari dan tim angklung pada acara Simposio I Valorando la diversi´´ad integramos lo nuestro di sekolah Regina Pacis, 23 Agustus 2011 serta pameran ´´? Al borde de Dar al-Islam di Universitas Antonio Ruiz de Montoya, 23-24 Agustus 2011.