Menteri Luar Negeri Peru Hadiri acara peringatan HUT ke-48 ASEAN di Lima, Perú

Menteri Luar Negeri Peru, Ana María Sánchez, tegaskan arti penting ASEAN dan negara anggotanya bagi Peru dalam sambutannya pada acara ASEAN Day untuk memperingati HUT ke-48 ASEAN yang dilaksanakan di Centro Cultura Inca Garcilaso, Kementerian Luar Negeri Peru, pada tanggal 10 Agustus yang lalu.

Selain itu, Menlu Peru juga menambahkan bahwa Peru berkomitmen untuk meningkatkan intensitas pertemuan dan kerjasama antar sektor swasta/pengusaha Peru dengan ASEAN dan negara anggotanya serta people to people contact.

Senada dengan Menlu Ana María Sánchez, Duta Besar Malaysia selaku Chairman ASEAN Committe in Lima (ACL) periode Juni s.d Desember 2015, juga menyampaikan pentingnya ASEAN dan Peru untuk terus menguatkan hubungan bilateral. Dalam pidato singkatnya, Dubes Malaysia menyampaikan perkembangan positif kawasan ASEAN, antara lain Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 dan Konektivitas ASEAN.

Hal lain yang disampaikan oleh Dubes Malaysia adalah harapan agar kerjasama ASEAN dan Pacific Alliance (PA) dapat menghasilkan kerjasama dan interaksi yang konkret dan saling menguntungkan. Saat ini Peru menjabat sebagai Presiden PA untuk periode 2015-2016.

Tarian Tabal Gempita dan permainan angklung Dharma Wanita Persatuan KBRI Lima memeriahkan acara ASEAN Day. Kedua penampilan tersebut mendapatkan apresiasi positif dari para undangan yang hadir.

ASEAN Day tersebut berlangsung sederhana dan khidmat dengan dihadiri oleh sekitar 200 undangan dari kalangan pejabat pemerintah, anggota kongress, korps diplomatik, akademisi dan mitra kerja ACL.

(sumber: Kbri Lima)