17 ABK Berlebaran di Lima

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wajah-wajah sekitar 17 anak buah kapal (ABK) Indonesia yang sedang berada di Lima tampak diliputi kegembiraan ketika menghadiri acara halal bihalal di Wisma Duta pada 31 Agustus yang lalu.
 
Di antara mereka tampak Bapak Susno Al Amin yang telah berpisah jauh dari keluarganya di Tegal, Jawa Tengah selama lebih dari 3 bulan. Bersama ke-16 temannya, beliau telah melewatkan bulan puasa dan hari raya Idul Fitri jauh dari nuansa keramaian bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri di tanah air.
 
Acara halal bihalal tersebut diselenggarakan di KBRI Lima sebagai ajang silaturahmi masyarakat Indonesia yang berada di Lima dan sekitarnya. KBRI Lima mencatat bahwa terdapat sekitar 70 WNI yang menetap di Lima dan wilayah lainnya di Perú. Selain 70 WNI tersebut, setiap bulannya rata-rata sekitar 1000 WNI yang memasuki wilayah Perú. Mayoritas dari mereka adalah para ABK yang bekerja di kapal-kapal asing.
 
Tampak di antara para tamu, para misionaris Indonesia yang hadir untuk memberikan ucapan selamat merayakan Idul Fitri kepada saudara sebangsanya yang beragama Islam. Kehadiran mereka merupakan bukti masih lekatnya rasa tenggang rasa yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Walaupun berada jauh dari tanah air, konsep Bhinneka Tunggal Ika tetap dijiwai oleh WNI yang berada di Perú.