Mengantisipasi Epidemik Virus Flu H1N1

11/2/2009

 

Sehubungan dengan merebaknya epidemik virus flu H1N1 di Ukraina akhir-akhir ini, dan Pemerintah Ukraina telah menginstruksikan untuk menutup sekolah-sekolah/universitas, tempat hiburan selama 3 minggu, dan pemberlakuan larangan penyelenggaraan all mass gatherings dan travel restrictions sejak tanggal 30 Oktober 2009, KBRI Kyiv memandang perlu memberikan informasi terkait virus flu tsb berdasarkan “Petunjuk Teknis Surveilans Epidemiologi Flu H1N1 dari Departemen Kesehatan RI Tahun 2009”.

 

PENGERTIAN &  DEFINISI KASUS

 

Secara operasional Definisi kasus Flu H1N1 dibagi menjadi 3, yaitu :

 

1.   Suspek

Seseorang dengan gejala infeksi pernapasan akut (demam = 38 'C) mulai dari yang ringan (influenza like illnes) sampai dengan pneumonia, ditambah salah satu keadaan di bawah ini :

-   Dalam 7 hari sebelum sakit, pernah kontak dengan kasus konfirmasi swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko

 

-   Dalam 7 hari sebelum sakit pernah unjung ke area yang terdapat satu atau lebih kasus konfirmasi Swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko.

 

2.   Probabel

Seseorang dengan gejala di atas disertai dengan hasil pemeriksaan laboratorium positif terhadap Influenza A tetapi tidak dapat diketahui sub-typenya dengan menggunakan reagen influenza musiman

Atau

Seseorang yang meninggal karena penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang tidak diketahui penyebabnya dan berhubungaan secara epidemiologi (kontak dalam 7 hari sebelum onset) dengan kasus probable atau konfirmasi.

 

3.   Konfirmasi

Seseorang dengan gejala di atas sudah dikonfirmasi laboratorium swine influenza (H1N1)/ Flu Meksiko dengan pemeriksaan satu atau lebih test di bawah ini :

-   Real time RT PCR

-   Kultur virus

  Peningkatan 4 kali antibody spesifik swine influenza (H1N1)/Flu Meksiko dengan netralisasi tes.

 

Keterangan :

1.    Yang dimaksud ‘kontak’ adalah merawat, tinggal serumah atau berhubungan langsung dengan secret pernapasan atau cairan tubuh dari kasus probable atau konfirmasi swine flu H1N1 / Flu Meksiko.

 

2.    Yang dimaksud ‘area terinfeksi’ adalah area/negara yang mempunyai satu atau lebih kasus konfirmasi yang ditetapkan oleh WHO. Area/Negara ini setiap hari bisa bertambah, sehingga harus selalu diikuti perkembangannya melalui website : www.who.int

 

ETIOLOGI

Penyebab Flu Meksiko ini adalah virus Swine Influenza A H1N1. Ini merupakan strain baru dari virus Influenza A H1N1.

 

MASA INKUBASI & MASA PENULARAN

Masa inkubasi berkisar antara 1-7 hari, sedangkan masa penularan berkisar antara 1 hari sebelum mulai sakit (onset) sampai 7 hari setelah onset. Namun puncak dari virus shedding (pengeluaran virus) terjadi pada beberapa hari pertama sakit.

 

CARA PENULARAN

Cara penularan penyakit melalui kontak langsung dengan penderita Flu H1N, baik karena berbicara, terkena percikan batuk atau bersin (“Droplet Infection”). Penularan virus melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus dapat terjadi, walaupun belum ada dokumentasi tentang hal tersebut.

 

DIAGNOSIS

Diagnosis pasti ditegakkan menggunakan RT PCR atau kultur virus atau netralisasi test (terjadi peningkatan titer antibodi 4X dalam spare serum).

 

PENGOBATAN

Sampai saat ini antivirus yang masih sensitif adalah Oseltamivir dan Zanamivir, sedangkan Amantadine dan Rimantadine sudah resisten.

 

 

LANGKAH-LANGKAH PENCEGAHAN

 

Pesan penting:

 

§  Tetaplah waspada terhadap bahaya penularan virus flu H1N1;

 

§  Apabila hendak bepergian ke luar  rumah, terutama ke tempat keramaian, sebaiknya gunakan alat pelindung diri (masker), dan silahkan membuang alat pelindung diri yang sudah dipakai diperlakukan seperti sampah medis;

 

§  Jagalah jarak bicara anda kurang lebih 2 meter, terutama dengan orang yang dicurigai terkena flu;

 

§  Apabila terdapat anggota keluarga yang lain menderita sakit demam, maka secepatnya berobat ke rumah sakit terdekat;

 

§  Tetaplah menjaga pola hidup sehat, khususnya dengan  mencuci tangan dan wajah dengan sabun setelah bepergian ke luar rumah;

 

§  Apabila batuk atau bersin secepatnya tutup mulut dan hidung dengan tissu, atau selalu menggunakan masker.

 

§  Membatasi kegiatan di luar rumah

 

§  Mohon segera lapor apabila terdapat gejala-gejala terkena virus flu tersebut.

 

Informasi tentang FLU H1N1 secara umum dapat dilayani melalui:

Web : www//penyakitmenular.info

Hotline :  62-21- 4257125

Faksimili :  62-21- 42877588 / 42870284

 

Demikian disampaikan, untuk menjadi perhatian kita bersama. Mohon informasi ini kiranya dapat disebarluaskan kepada seluruh WNI, khususnya di negara akreditasi KBRI Kyiv.

 

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

 

Kyiv, 2 November 2009

 

Fungsi Pensosbud KBRI Kyiv.