Partisipasi KBRI Kyiv dalam the Second All Ukrainian Forum of Youth Diplomacy

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Atas undangan the Association for Promotion of Internasional Business and Development (APIBD), bekerjasama dengan Diplomatic Academy of Ukraine (Kemlu Ukraina)  dan Pemda Kremenchuk (salah satu kota di Provinsi Poltava, bagian timur Ukraina), KBRI Kyiv berpartisipasi dalam the Second All-Ukrainian Forum of Youth Diplomacy yang diselenggarakan di Diplomatic Academy of Ukraine, Kyiv (16/4).

Acara ini tidak hanya diikuti mahasiswa, organisasi kepemudaan dan kalangan akademisi, akan tetapi juga kalangan  pemerintahan Ukraina diantaranya Sekretariat Kepresidenan dan Kemlu. Selain itu, dihadiri  Deputi PM, Direktur Akademi Diplomatik Ukraina, Walikota Kremenchuk, wakil European Youth Parliament  dan kedutaan asing (UE, Indonesia, Nigeria, Slovakia, Latvia, dan Azerbaijan).

Tujuan dari forum ini adalah untuk memberikan pemahaman sedini mungkin kepada para generasi muda yang akan berperan dalam diplomasi guna memahami sepenuhnya kebijakan politik luar negeri Ukraina, termasuk rencana integrasi Ukraina ke dalam struktur Euro-Atlantik.

Dalam sambutannya para pejabat Ukraina yang hadir menyampaikan perlunya peran pemuda dalam pembangunan yang akan mengemban tugas-tugas diplomasi bagi kepentingan bangsa dan negara.

Fungsi Pensosbud KBRI Kyiv yang berkesempatan hadir memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, yang intinya menyampaikan pentingnya forum dimaksud dalam pembinaan generasi muda untuk berperan dalam diplomasi dan bertukar pengalaman mengenai profesi diplomat. Kesempatan ini  juga digunakan untuk mempromosikan Indonesia kepada para pemuda Ukraina guna memberi pemahaman yang positip tentang Indonesia. Hal tersebut diharapkan akan mendorong pengembangan hubungan bilateral RI-Ukraina di masa mendatang yang selama ini telah terjalin dengan baik, terutama bagi para pemuda yang akan meneruskan peran diplomasi Ukraina (Sumber : KBRI Kyiv)