Partisipasi Indonesia pada the 7th International Assembly of Tourist Business di Ukraina

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 9-12 April 2009 KBRI Kyiv berpartisipasi pada the 7th International Assembly of Tourist Business di Odessa (Selatan Ukraina) sebagai upaya untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia dan kerjasama industri pariwisata dengan calon mitra di Ukraina, khususnya wilayah Odessa.
 
Pameran tersebut diikuti oleh 33 tour operator dan hotel serta 27 boat & diving company Ukraina, Ceko, Indonesia, dan sejumlah negara lainnya. Pameran ini menekankan pada marine tourism, khususnya karena posisi Odessa yang merupakan kota pelabuhan dan salah satu tujuan wisata bahari di Ukraina.
 
Dalam kesempatan tersebut, beberapa media elektronik antara lain stasiun televisi lokal, Novaya Odessa Teleradio Company dan GLASS Telecompany melakukan wawancara secara khusus dengan Duta Besar RI Kyiv, Nining Suningsih Rochadiat. Dalam wawancara tersebut, Duta Besar menyampaikan informasi mengenai berbagai produk, potensi dan kebijakan pemerintah Indonesia di sektor pariwisata, terkait program Visit Indonesia 2009 yang mengambil tema Marine & MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition).
 
Duta Besar juga berharap agar Ukraina dapat berpartisipasi pada World Ocean Conference di Manado, 11-15 Mei 2009, sebagai salah satu forum penting untuk membahas masalah perubahan iklim global dan pentingnya upaya penyelamatan terumbu karang serta ekosistem laut dunia untuk menyukseskan program sustainable development.  
 
Di sela-sela pameran, KBRI Kyiv juga mengadakan seminar, Sabtu (11/04) bertemakan Pariwisata Indonesia, yang dihadiri sekitar 50 wakil dari tour operator dan jurnalis Ukraina. Dharma Wanita Persatuan KBRI Kyiv juga turut menyemarakkan stand Indonesia dengan mempromosikan makanan tradisional Indonesia selama pameran dan pada saat seminar.
 
Keberadaan stand KBRI Kyiv di Odessa mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat setempat, mengingat keikutsertaan tersebut merupakan pertama kali bagi KBRI Kyiv, dengan menampilkan hiasan stand unik dan penyajian makanan khas Indonesia serta mendapat liputan beberapa stasiun televisi setempat.
 
Keberadaan Duta Besar RI Kyiv di Odessa juga dimanfaatkan untuk mengadakan ramah tamah dan pertemuan dengan masyarakat Indonesia yang bekerja pada palm oil refinery di Odessa serta pengusaha Odessa dari perusahaan “Bali Dream” yang berencana mengembangkan bisnis spa tradisional Indonesia di Odessa. (Sumber: KBRI Kyiv)