“Lepas Sambut 2008-2009” KBRI Kyiv Diwarnai Dengan Mengheningkan Cipta Bagi Bangsa Palestina

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menjelang tutup tahun 2008, dunia dikejutkan dengan serangan udara tentara Israel yang menewaskan lebih 300 jiwa dan melukai ratusan jiwa rakyat Palestina di jalur Gaza. Guna mendoakan para korban tak berdosa tersebut, sekitar 30 staf dan keluarga besar KBRI Kyiv membuka kegiatan “Lepas Sambut 2008-2009” di KBRI Kyiv dengan mengheningkan cipta.
 
Kegiatan “Lepas Sambut 2008-2009” yang telah mentradisi di KBRi Kyiv diselenggarakan secara sederhana namun khidmat. KUAI KBRI Kyiv, Pindah Estuti Sunarto, dalam sambutan pembukaan menyatakan bahwa momen pergantian tahun ini dimaksudkan agar seluruh staf merenungkan kembali apa-apa yang telah diraih di tahun 2008 dan berusaha meningkatkan raihan tersebut di tahun 2009 demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.
 
“Selama tahun 2008, tercatat kunjungan beberapa pejabat Indonesia ke Kyiv, seperti Jaksa Agung RI, Wakil Ketua KPK serta Direktur Eropa Tengah dan Timur Deplu. Selain itu antara Indonesia dan Ukraina juga telah ditandatangani perjanjian kerjasama eksplorasi ruang angkasa untuk maksud damai maupun rencana penyelenggaraan Joint Commission ke dua di Jakarta tahun 2009 nanti. Di bidang ekonomi, kita patut bersyukur karena untuk pertama kalinya nilai perdagangan Indonesia – Ukraina menembus angka USD 1 milyar. Di bidang Pensosbud, antara lain terdapat 5 mahasiswa Ukraina yang saat ini mengikuti program beasiswa Darmasiswa di Indonesia. Sementara berkat berbagai promosi yang dilaksanakan serta pelayanan prima di bidang Protkons, terjadi peningkatan permintaan visa ke Indonesia sebanyak 6165, meningkat 15% dibanding tahun 2007 yang  berjumlah 5201 orang,” ujar KUAI.
 
Sebagai wujud syukur atas berbagai raihan KBRI Kyiv dimaksud, dilaksanakan acara pemotongan tumpeng nasi kuning buatan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Kyiv, oleh KUAI yang kemudian menyerahkan potongan tumpeng kepada diplomat termuda di KBRI Kyiv.
 
Dalam kegiatan “Lepas Sambut 2008-2009” dilaksanakan pula pemutaran album foto kegiatan KBRI Kyiv selama tahun 2008; acara tukar menukar kado; doa bersama awal tahun 2009 dalam berbagai agama; serta ramah tamah.
 
Keterangan foto:
KUAI KBRI Kyiv menyerahkan potongan tumpeng ke diplomat termuda KBRI Kyiv
 
(Sumber: KBRI Kyiv)