INDONESIA RAIH THE MOST BEAUTIFUL PRESENTATION IN TOURISM PADA LVIV INTERNATIONAL FORUM OF TOURISM AND HOSPITALITY INDUSTRIES 2009

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka terus mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia di negara akreditasi, khususnya Ukraina, KBRI Kyiv telah ikut berpartisipasi dalam Lviv International Forum of Tourism and Hospitality Industries 2009, yang diselenggarakan pada tanggal 21-23 Oktober 2009 di Lviv (salah satu kota di bagian Barat Ukraina), dengan menempati stand seluas 18 m2. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Pertama Kepala Daerah Administrasi Lviv, Mr. Valeriy Pyatak dan disaksikan oleh Deputi Kepala Bagian Kebudayaan dan Pariwisata kota Lviv. Event tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Administrasi Lviv bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Ukraina, Dewan Kota Lviv, organisasi pariwisata nasional Ukraina, dan Asosiasi Perhotelan Ukraina. Lebih dari 80 perusahaan di bidang tourism and hospitality ikut serta dalam forum tsb dari berbagai propinsi di Ukraina, serta peserta dari negara lain seperti Indonesia, Polandia, Rusia, dan Ceko.

 

Tujuan dari event tsb antara lain adalah mengkonsentrasikan secara maksimal seluruh wakil-wakil dari industri tourism and hospitality untuk mendorong berjalannya program bisnis secara intensif serta menemukan innovasi baru serta kemitraan dengan berbagai pihak di bidang tsb. Selain pameran, event tsb juga diisi dengan berbagai seminar.

 

Saat opening ceremony tsb, KBRI Kyiv menampilkan beberapa tarian Indonesia (Sumut) dalam upaya memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat. Hal tsb mendapat sambutan positip dan antusias dari para pengunjung serta apresiasi dari Pemda Lviv dan pihak penyelenggara.

 

Selama pameran berlangsung, stand KBRI Kyiv banyak dikunjungi oleh tour operator, hotel dan kalangan masyarakat umum yang ingin mendapatkan informasi mengenai budaya dan pariwisata Indonesia. Pada kesempatan tsb, KBRI Kyiv aktif mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia dengan membagi-bagikan bahan-bahan promosi antara lain berupa brosur, buku, DVD, serta contact person/perusahaan yang dapat dihubungi dalam melakukan bisnis, traveling/wisata ke Indonesia.

 

Keberadaan stand KBRI Kyiv di Lviv mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat setempat, mengingat keikutsertaan tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam event tsb, dengan menampilkan hiasan stand unik dengan para petugas mengenakan pakaian adat Indonesia dan memajang barang seni-budaya khas Indonesia. Apresiasi tsb juga kembali disampaikan saat acara gala dinner yang dihadiri oleh Fungsi Pensosbud dan Fungsi Ekonomi KBRI Kyiv.

 

Event tsb juga diliput oleh berbagai media elektronik setempat, termasuk salah satu saluran TV swasta terkenal Ukraina “Noviy Kanal” yang menyiarkan acara tsb dan mendapat sambutan positip dari masyarakat. Di akhir kegiatan pameran, stand KBRI Kyiv memperoleh sertifikat penghargaan dari panitia penyelenggara sebagai “the most beautiful presentation in tourism”, karena dinilai telah menampilkan promosi wisata terbaik pada pameran tsb.  (Sumber KBRI Kyiv).