Dubes RI Kyiv Melakukan Kunjungan ke Kota Poltava dan Kremenchuk (Ukraina)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka meningkatkan hubungan dengan Pemda di Ukraina, pada tanggal 27-29 Januari 2010, Dubes RI didampingi Pejabat Fungsi Ekonomi, dan Pejabat Fungsi Pensosbud telah mengadakan kunjungan kerja ke Provinsi Poltava (kota Poltava dan kota Kremenchuk). Dalam kunjungan ke kota Poltava dilakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Poltava, Mr.I.F.Blyznyuk dan pihak Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Poltava Region. Sementara dalam kunjungan di kota Kremenchuk dilakukan pertemuan dengan Walikota Kremenchuk, Mr.M.V. Glukhov, perusahaan AvtoKrAZ, City Management of Kremenchuk, dan beberapa lembaga pendidikan.

 

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil-hasil Sidang Komisi Bersama (SKB) II RI-Ukraina, Juni 2009 di Jakarta, upaya memulihkan kembali volume perdagangan RI-Ukraina, rencana investasi pabrik AvtoKrAZ di Indonesia, menindaklanjuti rencana Pemasangan Gong Perdamaian di Kremenchuk, peningkatan hubungan dengan berbagai lembaga pendidikan, serta sekaligus dimanfaatkan sebagai courtesy visit dengan para pejabat daerah setempat.

 

Dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur Poltava dijajaki beberapa kemungkinan kerjasama guna mendorong volume perdagangan dan hubungan bilateral RI-Ukraina. Dalam kaitan tsb diperlukan awareness dari masyakat kedua negara atas berbagai potensi yang dimiliki kedua pihak. Hal tsb juga ditegaskan kembali dalam pertemuan dengan Kadin Poltava regions, serta perlunya melakukan terobosan-terobosan baru guna mendorong implementasi Persetujuan kerjasama antara KADIN RI-Ukraina yang telah ditandatangani tahun lalu. Disamping itu perlu terus dilakukan usaha-usaha untuk mendorong people to people contact melalui berbagai kesigatan seni-budaya.

 

Dalam pertemuan dengan Walikota/City Management kota Kremenchuk yang juga dihadiri President of Association for Promotion of International Business and Development (APIBD), secara khusus dibahas mengenai persiapan rencana pemasangan Gong Perdamaian Dunia (GPD) di kota tsb. Diharapkan pemasangan GPD tsb dapat terealisasi sesuai waktu yang direncanakan, sebagai simbol hubungan tradisional yang terjalin baik antara kedua pihak selama ini dan dukungan terhadap usaha-usaha mendorong perdamaian dunia.

 

Dubes RI Kyiv juga memanfaatkan kesempatan tsb untuk berkunjung ke beberapa lembaga pendidikan di Kremenchuk (Sekolah No. 3 dan 20). Dalam kesempatan tsb, Dubes RI memberikan paparan mengenai Indonesia kepada para guru, siswa, orang tua murid, media dan masyarakat yang turut hadir pada acara tsb. Dubes RI menyampaikan apresiasi atas perhatian anak-anak sekolah di Kremenchuk mengenai budaya dan potensi Indonesia, dan menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang Quiz mengenai Indonesia, serta kepada para pejabat daerah yang telah berperan aktif dalam mempromosikan Indonesia di wilayah tsb. (Sumber KBRI Kyiv)