DUBES RI KYIV BERTEMU DENGAN MENLU UKRAINA, 18 JANUARI 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 18 Januari 2010, Dubes RI Kyiv, Nining Suningsih Rochadiat mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Ukraina, Mr. Petro Poroshenko. Pertemuan antara lain membahas mengenai persiapan kunjungan Menlu Ukraina ke Indonesia dalam waktu dekat serta arah hubungan bilateral RI-Ukraina.  Kedua pihak juga menyinggung mengenai prospek guna memperkuat dasar hubungan bilateral, upaya-upaya yang ingin dicapai dalam hubungan ekonomi dan perdagangan, serta langkah-langkah penyederhanaan pemberian visa bagi wisatawan Ukraina yang akan berkunjung ke Indonesia.

 

Menlu Ukraina menegaskan perlunya pengembangan hubungan di semua aspek dengan Indonesia, sebagai negara muslim terbesar di dunia, yang merupakan salah satu prioritas dalam pelaksanaan polugri Ukraina di kawasan Asia Pasifik.

 

Menanggapi hal tersebut, Dubes RI menyambut baik upaya-upaya bagi pengembangan hubungan kedua negara. Ditegaskan pula bahwa Indonesia membuka peluang seluas-luasnya bagi penanaman investasi dan bisnis Ukraina di Indonesia di berbagai sektor usaha, termasuk untuk mendorong hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara. Untuk itu, kedua pihak perlu mendorong penyelesaian berbagai isu yang menjadi pending dalam kerjasama bilateral RI-Ukraina, yang kiranya dapat dibahas dan ditindaklanjuti pada sidang ketiga Komisi Bersama RI-Ukraina yang akan dilaksanakan 2010 di Ukraina.

 

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI juga menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya Pemilu Presiden Ukraina putaran pertama dengan lancar dan damai. Diharapkan hal tersebut akan membawa perubahan menuju kehidupan politik dan ekonomi yang lebih baik di Ukraina. (Sumber : KBRI Kyiv)