Universitas Telkom Jalin Kerjasama dengan Universitas Top di Ukraina

4/27/2016

Kyiv, 27/04/2016 – 2(dua) buah Naskah Kesepakatan Kerjasama telah ditandatangani oleh Universitas Telkom Bandung dengan universitas Kyiv National University of Taras Shevchenko (KNU Taras Shevchenko) dan National Aviation University (NAU) di Kyiv pada 26 – 27 April 2016. Penandatangan Naskah dilakukan antara Rektor Univ Telkom, Porf Ir. M. Ashari dengan Rektor KNU Taras Shevchenko, Prof. Dr. Leonid Huberskiy dan dengan Acting Rektor NAU, Prof. Dr. Volodymyr Kharchenko. Pada acara penandatanganan ini Rektor Univ Telkom  diwakili oleh Dade Nurjanah, PhD, Direktur Paskasarjana dan Advanced Learning.

 

Penjalinan kerjasama antar universitas adalah salah satu dari misi Duta Besar RI di Ukraina dan merupakan terobosan baru karena untuk yang pertama kalinya dalam 24 tahun sejarah hubungan bilateral RI - Ukraina sebuah universitas di Indonesia melakukan penandatanganan kerjasama dengan universitas di Ukraina. Dubes RI, Niniek K. Naryatie  memuji langkah inovatif yang ditempuh oleh Tel-U dalam menggandeng 2 universitas top di Ukraina ini. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lepas dari jejaring kerjasama internasional antar perguruan tinggi sebagai sumber penghasil ilmu. Ukraina sejak sebelum merdeka di tahun 1991 telah memiliki keunggulan-keunggulan khusus bila dibandingkan dengan kebanyakan universitas klasik Eropa Barat lainnya. Sebagai salah satu negara pecahan Uni Soviet, Ukraina mewarisi keunggulan teknologi industri berat dan SDM, dan karenanya memiliki tradisi riset, nilai-nilai dan sistem pendidikan yang berkualitas yang belum banyak diketahui oleh kalangan pendidikan di Indonesia.

 

Rektor KNU Taras Shevchenko, Prof. Dr. Leonid Huberskiy menyambut gembira atas terjalinnya kerjasama ini dan menyatakan kesiapannya merealisasikan proyek-proyek kerjasama akademis dengan Universitas Telkom. Rektor juga menyampaikan terima kasihnya kepada Dubes RI, Niniek Kun Naryatie yang aktif menjembatani terjalinnya kerjasama antar universitas ini. KNU Taras Shevchenko, adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Ukraina, yang juga dikenal  sebagai center of excellent di Eropa Timur. Bekerja sama dengan KBRI Kyiv, universitas ini pada tahun 2012 telah membuka Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, dan pada tahun 2015 mendirikan Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis di Institut Filologi. KNU Taras Shevchenko termasuk salah satu universitas penerima bantuan dosen dari Kemristek Dikti untuk mengajar bahasa Indonesia dalam kerangka program SAME - BIPA (Scheme for Academic Mobility and Exchange - Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). Saat ini Florita Diana Sari, M.A. dari Universitas Telkom Bandung diperbantukan sebagai dosen dalam kerangka SAME-BIPA dimaksud.

 

Andriy Kravchenko,Rektor NAU menyambut gembira atas terjalinnya kerjasama ini dan siap merealisasikan proyek-proyek kerjasama akademis dengan Universitas Telkom. Sebagai universitas negeri yang tidak hanya mengkhususkan diri pada pendidikan  penerbangan sipil, NAU juga memiliki fakultas-fakultas  teknik (komputer, IT, dll), Hubungan Internasional, Hukum, Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Budaya. Didirikan pada tahun 1933, universitas ini telah memiliki tradisi riset        yang tangguh di bidang teknologi penerbangan, radar, dan IT. NAU adalah universitas negeri yang memiliki spesialisasi semua bidang ilmu yang berkaitan dengan penerbangan sipil, sehingga  NAU juga memiliki fakultas-fakultas  teknik (komputer, IT, dll), Hubungan Internasional,        Hukum, Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Budaya. NAU yang didirikan tahun 1933 dahulunya adalah Kyiv Aviation Institute, bagian dari Kyiv Polytechnic Institute. Saat in NAU terdiri dari 16 Institute, 2 fakultas, satu akademi penerbangan, 3 lyceums, 6 colleges and 12 institute penelitian. Sejak berdiri, NAU telah menghasilkan ribuan ahli penerbangan terkemuka yang tersebar di berbagai industry penerbangan di Ukraine dan hampir 90 negara di dunia.  Kuchma, presiden pertama Ukraina adalah salah satu alumninya.   NAU telah berkembang menjadi lembaga terkemuka untuk mencetak spesialis penerbagan sipil. Presiden Ukraina yang pertama. Sebagai Pihak pada the Bologna Convention, NAU dapat menerbitkan diploma berstandar internasional. Sivitas Akademi NAU selain memiliki jejaring kerjasama internasional dengan berbagai universitas di dunia juga bekerjsama dengan ICAO. 2 (dua) Pusat Latihan wilayah Eropa telah didirikan dan terus berfungsi untuk pengembangan personel, traning dan peningkatan kapasitas penerbangan sipil.

 

Melalui Naskah Kesepakatan Kerjasama ini, U-Tel dapat segera melakukan pertukaran informasi dan materi akademik,       pertukaran jurnal akademik dan publikasi lainnya,  penyelenggaraan konferensi bersama, riset bersama, pertukaran mahasiswa/dosen, dan bentuk pertukaran akademik lainnya yang disepakati oleh masing-masing pihak. Sebagai langkah awal realisasi kerjasama, KNU Taras Shevchenko akan mengirimkan salah seorang dosennya ke Universitas Telkom pada bulan Juni 2016, sebagai bagian dari program pertukaran dosen dan materi akademik selama 3 bulan. Sementara dengan NAU, dalam waktu dekat akan dilakukan diselenggaraan konferensi internasional bersama di Kyiv. Pihak NAU yang tahun depan akan membuka jurusan baru Bahasa-Bahasa Sastra Ketimuran, berencana akan memasukkan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai salah satu program studinya.

 

                                                                                                                        Kyiv, 27 April 2016