PRESS RELEASE WINDOWS TO INDONESIA 2014, YEREVAN EXPO CENTER 13-15 JUNI 2014

6/10/2014

?Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kyiv dengan dukungan Kementerian Luar Negeri RI dan Konsul Kehormatan RI di Yerevan,  bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Ekonomi, Kementerian Kebudayaan dan KADIN Republik Armenia akan menyelenggarakan pameran terpadu Jendela ke Indonesia 2014 (Windows to Indonesia 2014 – WTI 2014) yang memamerkan barang-barang produksi  dan jasa terbaik dari Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 13 – 15 Juni 2014 di gedung pameran Yerevan Expo, Armenia dengan rangkaian acara berupa pameran dagang, Focus Group Discussion, pertunjukan budaya, peragaan busana, dan kuliner Indonesia.

Sebagai tradisi kegiatan tahunan, WTI pertama kali diselenggarakan pada bulan Mei 2013 di gedung Ukrainian House, Kyiv. Selama 3 hari berlangsungnya kegiatan itu tercatat adanya transaksi tunai sebesar USD 27.000,  dengan perkiraan hasil kontrak dagang senilai USD 102.000.   Saat ini Armenia menjadi salah satu pasar non-tradisional yang cukup kuat bagi  komoditi ekspor Indonesia.    Dengan 90% tingkat penyerapan produksi Indonesia di pasar Armenia, dan kemampuan Indonesia menyediakan peluang pasar yang besar untuk produksi Armenia, maka kedua negara ini memiliki potensi  ekonomi yang besar untuk dikembangkan.
Pameran terpadu Windows to Indonesia 2014 merupakan suatu peristiwa yang tidak hanya menunjukkan produk-produk dan jasa terbaik dari Indonesia, tetapi juga memberi kesempatan kepada para pengunjung untuk  menikmati masakan tradisional Indonesia, menyaksikan peragaan busana desainer Indonesia serta menikmati berbagai pertunjukan budaya seperti tari-tarian dan musik tradisional Indonesia. Dengan pameran ini, KBRI Kyiv berharap bahwa kesalingpemahaman pemerintah dan masyarakat dalam hal potensi perdagangan antara Indonesia dan Armenia dapat ditingkatkan, yang pada gilirannya akan dapat menopang kerjasama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.
Ide-ide baru, peluang melanjutkan pendidikan, kontak pribadi dengan rekanan bisnis dan memperoleh gambaran pasar yang luas merupakan beberapa alasan untuk mengunjungi WTI 2014 di Yerevan – serta merupakan ajang bagi para pengusaha untuk memperoleh keuntungan dari pameran, diantaranya pengunjungan akan dapat menemukan:
 
1.          Perusahaan kertas dan pulp “Pabrik Kertas Tjiwi Kimia – yang merupakan salah satu perusahaan kertas dan pulp terbesar di dunia, Asia Pulp and Paper Group (APP) yang menangani kualitas produksi untuk memenuhi pesanan yang secara global terus bertumbuh untuk tissue, pengepakan dan kertas.
 
2.          Produksi multifood Indofood Sukses Makmur adalah sebuah perusahaan total food solutions yang bergerak di seluruh tahapan pembuatan makanan dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk konsumen di pasar.
 
 
3.          Produksi teh dan kopi oleh CV Andes Prima Metal dengan produk-produk berkualitas tinggi, pengiriman yang tepat waktu, harga yang kompetitif dan layanan professional yang telah menjadi prosedur standar untuk menjamin kepuasan pelanggan.
 
4.          Tea plantation dan Agro-Wisata di sari Ater Hotel & Resort – sebuah pemandangan indah perkebunan teh yang tak diragukan lagi akan memberi ketenangan. Liukan pohon-pohon teh, udara segar dan ketenangan alam akan membuat tur perkebunan teh yang dikenal sebagai Agro Wisata akan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia.
 
5.          Home Decoration, house ware, furniture dan handicraft oleh CV Promo Dagang Asia dan L&D Art Lamp – dua perusahaan yang memiliki pengalaman dalam pameran dagang di seluruh Eropa, Asia, dan Amerika Selatan sejak tahun 2002.  Kedua perusahaan ini mumpuni dalam pembuatan home decoration, furniture, handicraft dan desain interior.
 
6.          Perusahaan perhiasan Nahdi Jewellery  - pembuat perhiasan yang paling indah bagi para pecinta keindahan.
 
7.          Suvenir, kerajinan tangan, kain tenun oleh Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun – di sini Anda akan disambut oleh seorang wanita pembuat bolo plagar – kue dari tepung beras, dibuat dalam bentuk pola tekstil Maumere, yang selalu diajarkan oleh seorang ibu ke anak perempuannya untuk seorang pria yang suatu hari nanti akan meminangnya ke pernikahan.
 
8.          Perusahaan snack Indonesia Helda’s Snack, melayani pasar luar negeri seperti Kanada, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Ukraina dan banyak lagi, Helda’s Snack mengkhususkan diri dalam usaha makanan ringan Indonesia dengan standar kualitas kontrol yang tinggi dan pelayanan yang baik.
 
 
WTI 2014 merupakan sebuah peristiwa yang menggebrak dimulainya  era industri perdagangan antara Indonesia dan Armenia. Pada kegiatan tahun ini di Yerevan, setiap professional industri dipersilahkan datang untuk menemukan produk dan trend terbaru dari para peserta pameran, merasakan aneka pengalaman dunia yang perdana serta  mereguk suasana yang luar biasa.