PERINGATAN ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW DI KBRI KYIV

7/24/2009

 
Dalam rangka ukhuwah Islamiyah dan mempererat tali persaudaraan, pada tanggal 23 Juli 2009 keluarga besar KBRI Kyiv menyelenggarakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW bertempat di Wisma Indonesia, Kyiv. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh umat Muslim yang berada di Ukraina melalui perwakilannya di lembaga Spiritual Administration of Moslem Ukraine (DUMU). Pertemuan dihadiri oleh pejabat dan staf KBRI Kyiv, masyarakat Indonesia dan para pemuka agama.


Seusai pembacaan ayat suci Al-Quran, Duta Besar RI – Kyiv memberi sambutan singkat mengenai maksud kegiatan serta harapan bahwa melalui kegiatan keagamaan ini dapat kian mendekatkan hubungan manusia kepada Allah SWT dan kepada sesama manusia. Disampaikan pula arti penting Isra Miraj bagi umat Islam khususnya perintah shalat 5 waktu serta kemuliaan dan perjalanan Nabi Muhammad SAW yang diberi kesempatan mengunjungi Sidratul Muntaha.
 

Sejarah dan makna Isra Miraj selanjutnya dibahas secara khusus oleh Ustadz Rustam Gafuri, pemuka Islam dari DUMU. Makna “Isra“ berarti perjalanan fisik dan psikis Nabi Muhammad SAW ke beberapa tempat bersejarah, dari masjid al Haram di Mekah ke Masjid al Aqsha di Jerusalem. Di masjid al Aqsha inilah  Rasulullah dipertemukan dengan semua para nabi dan menjadi imam shalat dua rakaat. Hal ini merupakan dalil bahwa Nabi Muhammad adalah nabi yang termulia di antara para nabi. Setelah Isra', Rasulullah yang ditemani Malaikat Jibril melanjutkan perjalanannya (Mi’raj) menuju Sidrat al Muntaha. Keseluruhan perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini hanya memakan waktu sepertiga malam. Peristiwa Isra Miraj ini menjadi bukti kekuasaan Allah yang sempurna yang disebut dengan Mukjizat; bukti kebenaran akan kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.


Sebagai penutup kegiatan, dilaksanakan tanya jawab seputar Isra Miraj maupun pelaksanaan syariat Islam, shalat Dzhuhur berjamaah serta ramah tamah. (sumber: KBRI Kyiv).
 

Published: 24. 07. 2009. at 18:46