Sign In

​​LAPOR DIRI


Sesuai dengan Undang-undang no.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Ps. 4 UU no.23/2006).​

Dengan melapor diri di Kedutaan, keberadaan setiap warga negara Indonesia di luar negeri akan tercatat, dan apabila diperlukan, Staf Konsuler Kedutaan dapat menghubungi yang bersangkutan. Dalam situasi darurat dan apabila evakuasi perlu dilakukan, Kedutaan dapat memberikan bantuan selama Kedutaan memiliki data dan informasi yang lengkap dari setiap warga negara Indonesia yang sedang berada di wilayah akreditasi.

 

Prosedur Lapor Diri 

  1. Mengisi Formulir Lapor Diri yang dapat diunduh disini ;
  2. Membawa paspor RI asli yang masih berlaku (masa berlaku minimal 6 bulan);
  3. Melampirkan 1 (satu) lembar pas foto pelapor dengan latar belakang berwarna putih, berukuran 4x6 cm;
  4. Membawa salinan izin tinggal di Ukraina, Republik Armenia atau Georgia;

Proses pendaftaran / lapor diri di KBRI Kyiv tidak dikenakan biaya. Apabila tidak bisa langsung datang ke KBRI, Formulir Lapor Diri yang telah dilengkapi dapat dikirim melalui surel ke indonesia@kbri.kiev.ua atau kyiv.kbri@kemlu.go.id.