Pendaftaran Diri




KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA

KUWAIT CITY

 

Lapor Diri Bagi WNI yang Tinggal atau Singgah di Kuwait

 

Pasal 4 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan menyebutkan bahwa "Warga Negara Indonesia yang berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melaporkan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting yang dialaminya kepada Instansi Pelaksana Pencatatan Sipil negara setempat dan/atau kepada Perwakilan Republik Indonesia dengan memenuhi persyaratan yang diperlukan dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil". Adapun persitiwa kependudukan atau penting yang wajib dilaporkan meliputi: keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian.

Di sisi lain, Perwakilan RI berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan data dimaksud sesuai ketentuan dalam pasal 1 ayat 22 UU No. 23 Tahun 2006 yaitu: "Data Pribadi adalah data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya".

Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah dan tanpa biaya apapun. Lapor Diri bagi WNI terutama dimaksudkan untuk membantu dalam pelaksanaan pelayanan dan perlindungan agar berjalan secara optimal.

Untuk itu kepada WNI yang tinggal maupun yang singgah lebih dari 5 hari di Kuwait dan belum pernah mendaftar dihimbau untuk segera melakukan Lapor Diri dengan mempersiapkan paspor, izin tinggal atau visa dan mendatangi Kantor KBRI Kuwait di Daiya Blok 1, Rashed Ibn Ahmad Al-Roumi St, Building No. 2 Kuwait atau secara daring (online) melalui: http://perlindungan.kemlu.go.id/portal/home/daftar Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Bagian Konsuler di 22531021 ext. 234 atau 9720-6060. Demikian disampaikan dan harap menjadi maklum.

Kuwait, 26 Januari 2016