“Senangnya, KTKLN Dapat Dibuat Langsung di Kuwait”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Itulah sekelumit rasa  gembira yang tercetus dari masyarakat Indonesia yang hadir dalam acara “Launching KTKLN di Kuwait”, Selasa, 04 Juni 2013.


Acara launching KTKLN tersebut merupakan kerjasama dan terobosan yang dicapai oleh Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan TKI (BNP2TKI) dan KBRI Kuwait, terutama untuk lebih mempermudah masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses Kartu Tanda Kerja Luar Negeri (KTKLN) .


Dihadiri 111 orang dari berbagai elemen masyarakat Indonesia di Kuwait, antusiasme tampak terpancar, berbagai pertanyaan ditanyakan oleh Masyarakat Indonesia mengenai proses pembuatan dari KTKLN tersebut.


Bahkan berbagai usulan juga muncul, misalkan dengan mengusulkan KTKLN tidak hanya sebagai sebuah kartu pengenal tenaga kerja tetapi juga dapat ditingkatkan sebagai sebuah kartu tabungan, misalnya.


Dalam sambutannya, Dubes RI Ferry Adamhar menyampaikan bahwa melalui proses yang cukup panjang maka pemerintah dalam hal ini BNP2TKI memutuskan untuk memberikan kepada KBRI kewenangan untuk menerbitkan kartu KTKLN kepada WNI yang berkerja di sektor formal di Kuwait.  Menanggapi antusiasme dari masyarakat tersebut, KBRI Kuwait tentunya akan mengupayakan agar masyarakat Indonesia yang bekerja di Kuwait dapat mendapat yang terbaik dan juga dipermudahdari segi untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja di Kuwait.


Selain diisi dengan sesi tanya jawab, dalam acara ini BNP2TKI secara resmi menyerahkan Surat Keputusan dari Menteri Tenaga Kerja RI mengenai keputusan untuk menyerahkan hak pembuatan KTKLN oleh KBRI Kuwait.  Selain itu diperagakan juga cara pembuatan KTKLN, dimana setelahnya Duta Besar RI memberikan secara simbolik KTKLN tersebut kepada Alex Syafei, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Kuwait dan kepada Fenti Julianti dari Asosiasi Perawat Indonesia di Kuwait (INNAK).


Antusiasme ini terlihat dari respon masyarakat Indonesia di Kuwait yang memberikan ucapan selamat dan terima kasih khususnya kepada KBRI Kuwait yang telah berhasil melakukan terobosan di dalam mempermudah fasilitas bagi masyarakat Indonesia.


Masyarkat Indonesia di Kuwait mengharapkan agar pembuatan KTKLN ini dapat diperluas ke berbagai segmen masyarakat Indonesia yang berada di Kuwait (Sumber: KBRI Kuwait)