Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 di KBRI Kuwait

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

KBRI Kuwait mengadakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 pada tanggal 28 Oktober 2013. Peringatan ini merupakan refleksi dari pentingnya menjaga api semangat kebangsaan dan gelora kepemudaan yang tumbuh dari dasar sanubari yang telah ditorehkan oleh para pemuda dalam kegiatan monumental Kongres Pemuda II pada tahun 1928.

 

Peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema “DENGAN SUMPAH PEMUDA, KITA WUJUDKAN PEMUDA YANG SANTUN, CERDAS, INSPIRATIF, DAN BERPRESTASI”. Tema tersebut meberi pesan bahwa kita semua, dan pemuda Indonesia khususnya, perlu meyakinkan dunia bahwa kita adalah generasi pemuda yang tetap memelihara kesantunannya di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia.

 

Dalam peringatan ini, Dubes RI di Kuwait Bapak Ferry Adamhar menyampaikan amanat tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Peringatan tahun ini merupakan hal yang istimewa karena pemuda Indonesia mendapat kado istimewa berupa Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2013 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 September 2013 tentang pembentukan “Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda” (LPKP). Peraturan Pemerintah ini diharapkan dapat memperkuat upaya-upaya pemerintah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia. Hal ini sejalan dengan kampanye gerakan kemandirian dalam berwirausaha, pemantapan nasionalisme dan identitas kebangsaan yang dicanangkan selama ini.

 

Dengan PP tersebut diharapkan maka gairah pemuda dalam kehidupan pemuda untuk mengembangkan berbagai kegiatan berwirausaha, gerakan nasionalisme dan identitas kebangsaan akan memberi dampak pada peningkatan perkembangan makro kinerja masyarakat dan pemuda Indonesia.

 

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga telah mengelola secara terus menerus upaya-upaya pembangunan pemuda berkarakter, menuju masa depan yang berkepribadian tangguh, patirotik, dan menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesia-an. Nilai-nilai tersebut telah diperlihatkan oleh para pemuda dengan sinergi yang semakin kompak dan bersatu.

 

Menyambut akan mulai hadirnya Komunitas ASEAN 2015, Menpora memberikan pesan bahwa hal tersebut meminta kesiapan kita untuk mampu bekerja sama secara terbuka dalam mengelola arus barang dan jasa dan menuntut kesiapan kita untuk berkerja sama dengan berbagai komunitas dari berbagai negara ASEAN, termasuk bagi pemuda.

 

Untuk itu, pemuda Indonesia diharapkan memiliki kemampuan dan kinerja yang handal dalam bekerja sama dengan pemuda se-ASEAN, dan sekaligus mampu membawa nama baik Indonesia di hadapan masyarakat dunia.

 

Selain kegiatan seremonial, peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini juga ditandai dengan pelaksanaan “Jambore Pemuda Indonesia” di Samarinda yang diikuti 1200 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia serta wakil pemuda dari 3 negara ASEAN (Vietnam, Filipina, Singapura) dan India. Dalam kegiatan “Pemuda Merajut Indonesia” akan dilaksanakan berbagai kegiatan Kepemudaan dan Olahraga di titik terdepan Indonesia, yakni di Pulau Miangas dan Pulau Rote, Sabang dan Merauke.

 

Menpora menegaskan bahwa semangat dan jiwa Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kecerdasan yang inspiratif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, dan kreatif dalam berbagai kegiatannya.

 

KBRI Kuwait menyampaikan selamat dan sukses dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2013.

 

JAYALAH PEMUDA INDONESIA..!

 

 

KBRI Kuwait, 28 Oktober 2013