Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2013 di KBRI Kuwait

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

KBRI Kuwait mengadakan peringatan Hari Pahlawan ke-68 pada tanggal 10 November 2013 dalam upacara bendera yang singkat dan hikmat. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Dubes RI untuk Kuwait Bapak Ferry Adamhar dan diikuti oleh staf KBRI serta masyarakat Indonesia di Kuwait.

 

Peringatan Hari Pahlawan yang diadakan setiap tahun ini tetap menjadi hal yang penting karena merupakan bukan saja ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa tetapi sekaligus sebegai refleksi jati diri bangsa yang bermartabat dan diinspirasi oleh para pejuang yang gugur di medan laga.

 

Karena itu, peringatan hari Pahlawan tahun ini mengambil tema yang singkat yaitu  “Pahlawanku Idolaku”. Tema tersebut memberi pesan kepada kita semua, dan pemuda Indonesia khususnya, agar nilai kejuangan para pahlawan tidak dilupakan sampai kapanpun.

 

Dalam peringatan ini, Dubes RI di Kuwait Bapak Ferry Adamhar menyampaikan amanat tertulis dari Menteri Sosial RI. Dalam sambutan tersebut, pada intinya mengajak kita semua untuk selalu meneladani sikap luhur para pahlawan yaitu: cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi serta toleran sebagai sumber motivasi untuk mengatasi berbagai masalah dan tantangan dalam rangka mewujudkan pembangunan negeri yang lebih kuat, kokoh dan harmonis dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Karena itu, pesan dari Pahlawan Nasional Prof. Dr. R. Soeharso bahwa “Right or wrong (is) my country, lebih-lebih kalau kita tahu, negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya” terasa memiliki makna yang dalam seiring dengan dinamika keadaan tanah air kita akhir-akhir ini. Sehingga kita pun nantinya dapat memahami makna pesan dari Pahlawan Nasional Pangeran Sambernyowo/KGPAA Mangkunegoro I bahwa yang penting kita memiliki sikap “melu handarbeni” alias merasa memiliki negara Indonesia.

 

KBRI Kuwait menyampaikan selamat dan sukses dalam peringatan Hari Pahlawan 2013.

 

 

KBRI Kuwait, 10 November 2013