Peresmian DPTLN Kuwait

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk bagi mereka yang terdaftar di PPLN Luar Negeri, maka pada tanggal 16 November 2013 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuwait secara simbolis mengadakan seremonial peresmian DPTLN Kuwait yang diadakan di Hotel Safir, Kuwait. Acara peresmian ditandai dengan penekanan tombol yang dilakukan bersama-sama oleh Dubes RI untuk Kuwait, Bapak Ferry Adamhar, PPLN Kuwait dan perwakilan seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) Indonesia yang ada di Kuwait.

 

Dalam sambutannya, Ketua PPLN Kuwait menyampaikan bahwa proses penetapan DPTLN Kuwait ini adalah pekerjaan besar yang merupakan hasil kerja keras semua pihak bukan saja PPLN tetapi juga hasil kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Dari data awal sebanyak 31.203 WNI menjadi angka akhir DPT sebesar 12.623 adalah pekerjaan besar bagi PPLN. Kondisi dan karakter calon pemilih di Kuwait yang masih didominasi tenaga kerja informal menjadi tantangan tersendiri dalam proses verifikasi. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para petugas Pantarlih yang telah bekerja keras sehingga bisa mengolah data menjadi DPT,” ujarnya lebih lanjut.

 

Sementara Dubes RI untuk Kuwait, Bapak Ferry Adamhar menekankan bahwa dalam pelaksanaan Pemilu nanti yang penting adalah menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai WNI yang hidup di luar negeri dan Kuwait khususnya. “Jangan karena ada perbedaan pilihan antara anggota dan ketua ormas maka hal itu menjadi alasan untuk terjadi perselisihan,” demikian pesan Bapak Dubes. Dubes juga menegaskan bahwa menjadi tugas KBRI untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan nasional Pemilu ini dan KBRI akan memberikan fasilitasi yang diperlukan termasuk penyediaan satu ruangan di KBRI sebagai sekretariat PPLN.

 

Selama masa verifikasi calon pemilih pihak PPLN Kuwait telah berupaya sekuat tenaga untuk dapat melakukan pendataan seakurat mungkin. Dijelaskan bahwa panitia menggunakan semua metode baik yang konvensional maupun memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara optimal. Pantarlih yang berjumlah 18 orang telah bekerja keras untuk mengecek keberadaan calon pemilih baik dengan cara mendatangi calon satu per satu (door to door), memanfaatkan sarana telepon, aplpikasi whatapps, mengirim pesan singkat, menyebar surat elektronik, menggunakan media sosial baik facebook maupun twitter, membuat laman khusus di pplnkuwait.com, memanfaatkan jejaring dari berbagai ormas yang ada, dan secara khusus untuk warga kita yang menjadi tenaga kerja informal adalah dengan mengecek status Civil ID mereka di laman Public Authority of Civil Information (PACI) Kuwait.

 

Selepas kerja keras dalam penetapan DPTLN ini, bukan berarti tugas PPLN sudah selesai. Justru pekerjaan sebenarnya yang lebih berat telah menanti di depan. Sebagaimana terungkap dalam sesi diskusi bahwa persoalan Pemilu di Kuwait ini adalah tantangan bagaimana membuat warga yang mempunyai hak pilih bisa datang dan melaksanakan hak-nya tersebut. Berbagai masukan dan inisiatif dari PPLN telah diidentifikasi yaitu: meningkatkan promosi acara ke segenap WNI, mendatangi kantong konsentrasi WNI, pengiriman surat untuk memilih jauh hari sebelumnya, membuat iklan di media cetak berbahasa Arab dan Inggris tentang pelaksanaan Pemilu, mengakomodasi calon pemilih yang belum terdaftar dalam DPTLN tetapi mempunyai dokumen diri yang sah agar bisa tetap memilih, pembuatan tempat pemungutan suara (TPS) keliling, menambah hari pemberian suara (catatan: dua usulan terakhir masih menunggu keputusan KPU mengingat payung hukum tentang kedua hal tersebut masih belum ada).

 

PPLN Kuwait telah menetapkan pemilu legislatif akan dilaksanakan pada tanggal 4 April 2014. Untuk melayani 12.623 calon pemilih, panitia akan menyediakan 4 tempat pemungutan suara (TPS).  Terkait hal tersebut, KBRI Kuwait mengharapkan kiranya seluruh warga Indonesia yang ada di Kuwait dapat menggunakan hak konstitusional dalam Pemilu dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan turut berperan serta dalam menyebarluaskan berbagai informasi terkait Pemilu kepada sesama WNI.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan memantau http://pplnkuwait.com/ dan http://www.kemlu.go.id/kuwaitcity/Pages/default.aspx

 

 

Selamat menggunakan hak pilih....

 

KBRI Kuwait, 17 November 2013