Perayaan 14 Tahun DWP di KBRI Kuwait

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Puncak peringatan hari ulang tahun ke-14 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Kuwait dilaksanakan dengan kegiatan upacara secara singkat dan sederhana pada tanggal 9 Desember 2013 dan dihadiri oleh segenap pengurus, anggota DWP serta Duta Besar dan jajaran staf KBRI Kuwait. Peringatan kali ini mengambil tema: “Dharma Wanita Persatuan Siap dan Mampu Berperan Aktif Menuju Pembangunan Berkelanjutan”.

 

Dalam kegiatan upacara tersebut, disampaikan oleh Sambutan Ketua Umum DWP yang dibacakan oleh Ketua DWP KBRI Kuwait Ibu Eva Adamhar. Dalam pesannya, Ketua Umum DWP menyatakan bahwa sepanjang perjalanan organisasi DWP mempunyai peran yang sangat penting. “DWP bisa menjadi ujung tombak untuk mengimplementasikan program pemerintah di masyarakat. DWP telah menunjukkan keberhasilan serta kejujuran dengan bekerja tanpa pamrih, semata-mata adalah kepuasan batin dan berdampak positif bagi kinerja PNS sebagai abdi pemerintah,” ujar Ketua Umum DWP.

 

Lebih lanjut Ketum DWP menyebutkan beberapa program nyata yang telah dilaksanakan oleh DWP diantaranya adalah:

1.    Kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya dalam program pendidikan formal dengan kegiatan-kegiatan penanganan anak-anak usia dini (PAUD) meliputi pembinaan TK dan guru-guru TK, Penitipan Anak (TPA) Terpadu dan Pendidikan Menengah Universal bagi anak-anak yang telah lulus SMP. Sedangkan untuk pendidikan informal, khusus bagi ibu-ibu anggota/non anggota, DWP bekerjasama dengan Kemdikbud dan Kemnakertrans melaksanakan beberapa kegiatan kursus.

2.    Kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pelatihan pengolahan hasil perikanan dan pelatihan budidaya ikan konsumsi/non konsumsi.

3.    Kerjasama pelatihan-pelatihan kewirausahaan, permodalan dan manajemen usaha dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan UKM Centre UI. 

4.    Kerjasama dengan Kementerian Kesehatan menjalanan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan aktivitas kampanye penyediaan ruang laktasi dan kawasan tanpa rokok.

5.    Program Capacity Building bagi Pengurus/anggota DWP dari seluruh tingkat kepengurusan, bekerjasama dengan pihak swasta.

 

Sesuai dengan tema peringatan kali ini, DWP mengambil peran peduli kesehatan dengan aktivitas kampanye penyediaan ruang laktasi dan kawasan tanpa rokok. “Kiranya anggota DWP dapat memahami dan dapat meluaskan pengetahuan ini kepada keluarga dan lingkungan sekitar sehingga membuat perempuan Indonesia berpengetahuan dan membuat anak-anak kita menjadi anak yang cerdas dan menjadi generasi bangsa yang tangguh,” urai Ketum lebih lanjut.

 

Di akhir sambutan, Ketum DWP menyampaikan harapan kiranya anggota DWP dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan sehingga kualitas keluarga semakin meningkat dan berupaya meningkatkan kinerja untuk menyambut pembangunan berkelanjutan.

 

Sementara, Dubes RI untuk Kuwait dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa dalam setiap peringatan hendaknya dapat memberikan makna dan arti baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan diharapkan DWP tidak lelah untuk terus belajar dan belajar. “Selama ini memang kita telah dan akan terus merasakan arti penting DWP bukan saja bagi para pengurus dan anggotanya tetapi juga dukungan bagi pelaksanaan tugas diplomasi kita di Kuwait. Namun, saya berharap hal tersebut tidak lantas membuat kita puas dan berhenti untuk belajar,” ujar Bapak Dubes Ferry Adamhar.

 

Sebagai ungkapan rasa syukur, dalam peringatan ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan oleh Bapak Dubes dan diberikan kepada Ibu Risya Hermiyati. Kepada Ibu Risya diberikan penghargaan karena selama ini beliau adalah anggota yang paling aktif dan rajin mengikuti seluruh rangkaian kegiatan DWP KBRI Kuwait sepanjang tahun.

 

Selain kegiatan utama berupa upacara, Panitia peringatan HUT DWP ke-14 di KBRI Kuwait juga mengadakan serangkaian lomba, yaitu: Lomba Kebersihan Ruang Kerja KBRI Kuwait, Lomba Merangkai Buah, Lomba Melipat Serbet. Untuk memeriahkan peringatan, anggota DWP juga diberi kesempatan untuk menggelar produk mereka baik berupa aneka kuliner khas Indonesia.

 

Dalam kesempatan ini pula, DWP berinisiatif untuk membuat penggalangan dana untuk membantu program beasiswa pendidikan dan diserahkan melalui DWP Kementerian Luar Negeri.

 

Selamat dan sukses untuk DWP.

 

Bravo!

 

Keterangan foto: Bapak Dubes Ferry menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Ibu Risya.

 

KBRI Kuwait, 9 Desember 2013